Berkat Bagi Orang Percaya



Kamis, 11 Januari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 31-33

Kejadian 31:42 (TB) Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.

Tuhan menempatkan Yakub sebagai gembala domba, yang secara profesi merupakan pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Walaupun Laban masih punya hubungan saudara namun ia dikenal pelit. Tujuh tahun bekerja tanpa mendapat upah materi, melainkan hanya dinikahkan dengan Lea, anaknya. Tujuh tahun lagi bekerja tanpa upah untuk mendapatkan Rahel, adiknya. Dan enam tahun bekerja dengan upah yang selalu berubah-ubah atau dicurangi. Dalam keadaan itulah Tuhan memberkati Yakub dengan luar biasa. Ia diberkati dengan anak cucu yang demikian banyak dan kambing domba yang sangat banyak.

Apakah rahasia Yakub diberkati dengan luar biasa?

1. Yakub percaya kepada janji Allah
Yakub mewarisi iman dari Abraham dan Ishak, tetap setia kepada Tuhan dan memegang teguh perjanjian Allah kepada nenek moyangnya. Itulah sebabnya Yakub mengalami janji berkat itu menjadi nyata dalam hidupnya.

2. Yakub bertanggung jawab dalam pekerjaannya.
Kejadian 31:38, Yakub tidak memakan domba yang digembalakan.
Kejadian 31:39, Yakub mengganti domba yang diterkam binatang.
Kejadian 31:40, Yakub kepanasan di waktu siang dan kedinginan di waktu malam serta kurang tidur.
Semua ayat tadi menunjukkan Yakub seorang yang jujur dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya.

3. Yakub bekerja keras.
Kejadian 30:26 (TB) Berikanlah isteri-isteriku dan anak-anakku, yang menjadi upahku selama aku bekerja padamu, supaya aku pulang, sebab engkau tahu, betapa keras aku bekerja padamu."
Sekalipun Yakub bekerja di profesi yang tidak memungkinkan ia menjadi kaya, tetapi ia bekerja keras sebab menyadari berkat itu datangnya dari Tuhan.
Kejadian 30:29-30 (TB) Sahut Yakub kepadanya: "Engkau sendiri tahu, bagaimana aku bekerja padamu, dan bagaimana keadaan ternakmu dalam penjagaanku, sebab harta milikmu tidak begitu banyak sebelum aku datang, tetapi sekarang telah berkembang dengan sangat, dan TUHAN telah memberkati engkau sejak aku berada di sini; jadi, bilakah dapat aku bekerja untuk rumah tanggaku sendiri?"
Yakub bekerja keras sekalipun hanya karyawan dan bukan pemilik.

4. Yakub memiliki visi dalam bekerja
Dalam Kejadian 30:32, Yakub tetap mau bekerja lagi pada Laban bila diberikan upah kambing domba yang sedikit sekali yaitu yang berbintik-bintik dan berbelang-belang. Tetapi ternyata Tuhan memberkati sehingga setiap anak domba yang lahir justru berbintik-bintik dan berbelang-belang. Mengapa demikian? Secara genetik domba yang polos menghasilkan keturunan yang polos. Tetapi Yakub memiliki impian dan percaya, ia mendekatkan domba yang polos saat berkelamin pada dahan pohon hawar, pohon badam dan berangan yang telah dikupas. Sehingga induknya menjadi tercoreng-moreng. Bukan induknya yang diambil oleh Yakub, melainkan anak-anaknya menjadi berbintik-bintik dan bercoreng-moreng sejak lahir. Secara genetik tidak mungkin terjadi tetapi secara iman bisa terjadi. Yakub kelihatannya mewarisi impian-impian dari Abraham dan Allah mewujudkannya menjadi kenyataan.

Bagaimana dengan Anda dan saya? Apakah kita bekerja sebagai seorang karyawan dengan gaji yang kecil dan secara logika tidak mungkin menjadi kaya? Apakah kita menjalankan bisnis yang sederhana dan hanya menghasilkan keuntungan yang kecil? Jangan putus asa, teladanilah sikap Yakub: percaya kepada janji Allah, bertanggung jawab, bekerja keras dan miliki impian dalam pekerjaan atau bisnis Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages