Kehadiran Allah



Rabu, 17 Januari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 1-3

Keluaran 3:14 (TB) Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Pada saat Musa berjumpa pertama kali dengan Tuhan di gunung Sinai, ia melihat semak duri yang menyala tetapi tidak terbakar. Musa bertanya siapakah nama Allah, apabila orang Israel bertanya kepadanya. Dan Allah menjawab nama-Nya: "AKU ADALAH AKU".
Kita akan belajar nama Allah tersebut.

1. Ditulis dan diterjemahkan dalam huruf besar menunjukkan superioritas atau kemahakuasaan dan kemahabesaran Allah mengatasi segala yang ada di bumi. Tuhan yang awal dari segala sesuatu, telah ada sebelum segala sesuatu dijadikan-Nya.

2. Dalam bahasa Ibrani ditulis 'EH'YEH 'ASYER 'EH'YEH.
Nama Allah diungkapkan dalam bentuk kata kerja, kata yang hidup, bukan kata benda atau kata yang mati. Hal ini menunjukkan bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang hidup, bukan illah yang mati seperti sesembahan bangsa kafir.

3. Arti nama Allah dalam ungkapan bebas menurut para ahli Alkitab adalah "AKU AKAN HADIR DAN BERBUAT". Ungkapan ini menunjukkan kehadiran Allah di tengah umat-Nya untuk menolong dan melepaskan umat-Nya dari penderitaan.

4. Penampakan kehadiran Tuhan disebut theopani. Beberapa contoh peristiwa theophani:
- Tuhan menampakkan diri dalam nyala api dari semak duri yang tidak terbakar.
- Tuhan menampakkan diri dalam tiang awan dan tiang api dalam perjalanan di padang gurun.
- Tuhan menampakkan diri dalam guruh dan kilat di atas gunung Sinai ketika Musa menerima Hukum Taurat.
- Dalam beberapa peristiwa Tuhan menampakkan diri dalam rupa Malaikat Tuhan.

Melalui pelajaran ini kita bersyukur bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang hidup yang senantiasa peduli menolong umat-Nya. Sampai hari ini Allah senantiasa hadir dan bekerja bagi kita. Oleh sebab itu marilah kita senantiasa memiliki kerinduan untuk mengenal Tuhan dan taat kepada-Nya, supaya kita mengalami karya-Nya yang luar biasa dalam hidup kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages