Membangun Impian Dan Iman



Jumat, 5 Januari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 13 - 15

Kejadian 15:5 (TB) Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

Membaca biografi Pdt. David Yonggi Cho, pendiri dan gembala Gereja Yoido Full Gospel Church di Korea Selatan sungguh sangat menginspirasi dan menguatkan iman. Di saat memulai pelayanannya, dia harus berjalan kaki dan ia berdoa meminta sepeda kepada Tuhan. Ia pergi ke toko dan menumpangkan tangannya kepada salah satu sepeda. Ia berkata bahwa Tuhan akan memberikan sepeda dan Tuhan sudah memberikan sepeda. Ketika orang-orang bertanya mana sepedanya, ia menjawab, "Sepedaku masih dalam kandungan!". Maka orang-orang menertawakan dan menganggapnya sudah gila. Namun tak berapa lama kemudian Tuhan mengirimkan sebuah sepeda untuknya. Demikian juga ia mendapatkan mobil, rumah, gereja dan ratusan ribu jemaat. Semua bermula dari impian, diucapkan, diimani, didoakan, dinantikan dan ... didapatkan.

Rupanya Pdt. David Yonggi Cho terinspirasi kepada Abram dan kisah imannya. Tuhan memberkati Abram dengan harta dan ternak yang banyak, tetapi belum memiliki keturunan. Ia hampir putus asa dan mengatakan untuk apa harta yang banyak toh aku nggak punya keturunan. Tetapi Tuhan punya cara untuk membangun impian dan iman Abraham. Bagaimana caranya?

1. Personifikasi
Tuhan membangun impian dan iman Abraham dengan personifikasi, yaitu melihat dan membayangkan banyaknya bintang di langit dan mempercayai sedemikian banyaknya keturunannya. Kejadian ini diulangi beberapa kali. Saya percaya hampir tiap malam ia ke luar rumah dan melihat bintang-bintang. Setiap hari ia membangun impian dan imannya. Apakah impian Anda? Pekerjaan dan bisnis Anda, pernahkah Anda membayangkan profesi pengusaha sukses atau karir yang tinggi yang suatu saat akan Anda capai? Pernahkah Anda membayangkan profesi yang mulia untuk anak-anak Anda? Pernahkah Anda membayangkan ribuan orang di jalan yang Anda lihat sebagai jemaat Tuhan? Apa impian Anda untuk keluarga Anda? Jangan membatasi impian Anda, impian Anda bisa Anda bangun setiap saat melalui hal-hal yang Anda lihat.

2. Gambar dan firman Tuhan yang diimani.
Kejadian 13:14-15 (TB) Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,
sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.

Setelah Lot lebih dulu memilih tempat yang paling subur untuk daerah penggembalaannya, kita mungkin berpikir Abram hanya terima sisanya. Tetapi Tuhan membangun impian dan iman Abram untuk melihat seluruh negeri yang dapat ia pandang dari gunung yang tinggi. Pada akhirnya Tuhan memberikan wilayah yang sangat luas dan memberkati wilayah itu menjadi tempat yang subur.

Saya mengenal seorang hamba Tuhan yang membutuhkan sebuah rumah. Pada waktu itu, ia hanyalah seorang staff fulltimer. Imannya terbangun di saat berdoa mendapatkan ayat firman Tuhan,
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. (Fil 4:19). Maka ia membaca dan mengucapkan dengan keras, berulang-ulang, berhari-hari dan mengimaninya. Ia menuliskan ayat tersebut di kamar, pintu, mobil, di setiap ruangan rumah mertua di mana ia tinggal. Ada seorang dari luar kota menelpon dan menyuruh mencarikan sebuah rumah. Karena untuk orang tersebut ia mencarikan rumah yang bagus dan di lokasi yang bagus. Akhirnya orang tersebut setuju. Setelah transaksi mereka mau melihat rumah yang dibeli. Pada saat mau masuk, seseorang dari luar kota tersebut berkata, "Tuhan telah berbicara kepada saya, rumah yang saya beli ini saya berikan untuk Anda." Betapa kaget, heran dan bersyukur untuk semua jawaban iman dan doa yang beberapa minggu dipergumulkan.

1 Korintus 2:9 (TB) Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

Apakah impian Anda di tahun ini? Jangan takut untuk bermimpi besar! Bangunlah impian dan iman Anda, sebab tahun ini akan menjadi GREATER bagi Anda. Percayalah kepada Tuhan dan janji-janji-Nya. Anda akan mengalami menjadi lebih besar bagi kemuliaan Tuhan. Haleluya. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages