Ora Et Labora



Minggu, 26 Pebruari 2017

Keluaran 17:11 (TB) Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.

Dalam perjalanan menuju Tanah Kanaan ketika sampai di Rafidim, datanglah bangsa Amalek berperang melawan Israel. Bangsa Amalek adalah bangsa yang kejam, gemar berperang dan memiliki persenjataan yang lengkap sehingga sangat ditakuti oleh bangsa lain.

Tidak demikian dengan bangsa Israel, mereka tidak pernah dilatih berperang dan tidak memiliki persenjataan yang lengkap, sebab tujuan pertama mereka keluar dari Mesir adalah mempersembahkan korban kepada TUHAN. Jadi jelaslah mereka tidak siap menghadapi peperangan.

Apa yang Musa lakukan dalam peperangan ini?

1. Berdoa dan berserah kepada Tuhan.
Musa berdiri di puncak bukit mengangkat tongkat Allah. Musa percaya TUHAN adalah sumber kemenangan mereka, karenanya ia berdoa dan mengandalkan Tuhan. Dan yang terjadi apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel dan mereka mengalami kemenangan. Ketika Musa menurunkan tangannya lebih kuatlah Amalek, sehingga datanglah Harun dan Hur menopang tangan Musa yang lelah. Demikianlah sampai akhir bangsa Israel mengalami kemenangan.

2. Melakukan bagian bangsa Israel.
Bagian bangsa Israel adalah berperang menghadapi bangsa Amalek. Oleh karena itu Musa menyuruh Yosua bersama pasukannya berperang menghadapi bangsa Amalek. Tuhan yang memberikan kemenangan kepada mereka sehingga bisa mengalahkan bangsa Amalek.

Dalam kehidupan ini banyak hal yang kita tidak siap menghadapinya, misalnya kebutuhan yang mendadak, mengalami kecelakaan, PHK, sakit penyakit dan sebagainya.
Musuh dan kesulitan harus dihadapi, tidak bisa lari dari kenyataan. Tuhan menginginkan kita menjadi umat yang mengandalkan Tuhan dan kuat dalam menghadapi masalah kehidupan.

Seperti yang Musa lakukan, ada dua hal saja yang harus kita lakukan yaitu mengandalkan Tuhan dengan iman melalui doa dan penyerahan serta melakukan bagian kita untuk bekerja dan berusaha. Ora et Labora, berdoa dan bekerja. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages