Belajar Dari Kelebihan Yakub



Senin, 27 Pebruari 2017

Kejadian 28:22 (TB) Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Kesan pertama ketika kita mendengar nama Yakub adalah seorang penipu atau pecundang. Memang itu salah satu kelemahannya. Setiap manusia pastilah memiliki kelemahan, demikian pula kehidupan kita. Namun Yakub juga memiliki banyak kelebihan yang perlu kita teladani.

Apa yang menjadi kelebihan Yakub?

1. Seorang pembangun mezbah.
Dalam beberapa perjumpaan dengan Tuhan selalu diakhiri Yakub dengan membangun mezbah. Saat Yakub bermimpi di Lus, maka kemudian didirikan mezbah dan nama tempat itu menjadi Betel (tempat kediaman Allah). Mezbah berbicara mengenai penyembahan kepada Tuhan. Jadilah seperti Yakub yang suka membangun mezbah penyembahan kepada Tuhan.

2. Yakub seorang pemberi persepuluhan.
Memberi persepuluhan artinya mengembalikan milik Tuhan yang dititipkan melalui penghasilan atau berkat yang kita terima. Bila lalai memberi persepuluhan berarti kita mencuri milik Tuhan. Tentu Yakub telah meneladani leluhurnya yaitu Abraham dan Ishak yang juga selalu setia memberikan persepuluhan.
Persepuluhan itu bagi yang senantiasa taat kepada Tuhan adalah jumlah yang kecil bila dibandingkan dengan berkat Tuhan yang kita terima. Persepuluhan akan menjadi kunci berkat perjanjian dalam kehidupan kita.

Akhirnya Tuhan mengubah nama Yakub menjadi Israel yang artinya pemenang.
Ada 2 hal yang bisa kita teladani dari Yakub, yaitu seorang pembangun mezbah dan seorang pemberi persepuluhan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages