Ciri-ciri Hati Yang Lembut



Rabu, 1 Maret 2017

Bilangan 12:3 (TB)
Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.

Karakter bangsa Israel keras kepala dan suka memberontak. Adalah rencana Tuhan, bila Tuhan memakai Musa yang lembut hatinya untuk memimpin bangsa yang besar dan tegar tengkuk serta perjalanan yang sangat panjang.

Berikut ini ciri-ciri hati Musa yang lembut:

1. Memiliki kepekaan (nurani yang tulus)
Kepekaan hati Musa teruji dalam mendengar suara Tuhan. Di antara bangsa Israel hanya Musa yang bisa bersekutu dan mendengar suara Tuhan. Hati yang lembut lebih mudah memahami bahasa isyarat dan tanda-tanda selain bahasa verbal.

2. Sabar menghadapi pemberontakan bangsa Israel.
Berulang kali bangsa Israel bersungut-sungut dan memberontak melawan Musa, bahkan saudaranya sendiri Harun dan Miryam, tapi Musa bisa menghadapi dengan sabar dan tenang. Satu hal yang membuat Musa marah karena dia tidak bisa kompromi dengan dosa, misal saat bangsa Israel membuat lembu tuangan sehingga dua loh batu 10 perintah Tuhan dilemparkan dan pecah.

3. Suka berdoa bersyafaat
Syafaat artinya berdiri di antara manusia dan Tuhan. Berulang kali Tuhan hendak membinasakan bangsa Israel tetapi Musa bisa melunakkan hati Tuhan. Bahkan saat Tuhan hendak meninggalkan bangsa Israel sendirian, Musa berseru jikalau Engkau tidak menyertai kami, jangan suruh kami berangkat. Salah satu contoh doa syafaat Musa adalah untuk Sodom dan Gomora yang akan dihancurkan Tuhan, sayangnya hanya keluarga Lot saja yang beriman sehingga akhirnya Tuhan menghancurkan Sodom dan Gomora.

4. Memiliki belas kasihan
Belas kasihan adalah karunia rohani / pemberian Tuhan. Musa mudah tersentuh hatinya oleh belas kasihan. Ketika diutus Tuhan hatinya penuh belas kasihan kepada bangsa Israel yang menderita karena perbudakan di Mesir.

Roma 9:15 (TB) Sebab Ia berfirman kepada Musa: "Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati."

Mintalah kepada Tuhan hati yang lembut supaya kita bisa peka kepada suara Tuhan, sabar, memiliki belas kasih serta bersyafaat bagi orang lain. Together forward. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages