Latihlah Dirimu Beribadah



1 Timotius 4:7-8
Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.


Salah satu cara menjaga tubuh kita tetap bugar adalah dengan berolah raga. Namun manfaatnya hanya dirasakan selama hidup di dunia.

Alkitab menyebutkan ada latihan badani dan ada latihan beribadah.
Beberapa manfaat melatih diri kita beribadah:
1. Berguna dalam segala hal
Seseorang yang melatih diri beribadah akan memiliki jiwa yang sehat. Sukacita akan terpancar dari hatinya. Sikapnya menjadi optimis dalam menghadapi tantangan hidup. Doa dan nasehat yang didapat dalam ibadah akan menguatkan iman, bahkan mengalami janji Tuhan digenapi dalam hidup kita. Intinya tidak ada ruginya bila kita melatih diri beribadah, justru berkat-Nya sangat luar biasa.

2. Mengandung janji untuk hidup sekarang dan nanti.
Dalam ibadah kita bersekutu dengan Tuhan, menerima janji-Nya baik untuk hidup sekarang maupun sesudah kematian. Dalam kehidupan sekarang, kita mengalami janji penyertaan dan pemeliharaan Tuhan sehingga kita tidak mudah takut dan kuatir menghadapi pergumulan hidup. Dalam kehidupan yang akan datang kita menerima janji keselamatan, yakni tempat di Sorga sudah Tuhan sediakan bagi yang percaya kepada Kristus.

Jangan bermalas-malasan, giatlah dalam beribadah dan alami janji-janji Tuhan digenapi dalam hidup kita.


Together Impactful,
Ps. Budi Wikanto, MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages