Dimurnikan Seperti Emas



Maleakhi 3:3 (TB) Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.


Orang Lewi adalah suku Israel yang diberi tugas menyelenggarakan ibadah. Maleakhi 3 berbicara mempersiapkan jalan kedatangan Tuhan. Mengapa Tuhan harus memurnikan terlebih dahulu orang Lewi? Sebab pemulihan dimulai dari Rumah Tuhan. Apabila dalam Rumah Tuhan penuh kemunafikan, maka doa dan ibadah umat Tuhan akan terkena dampaknya.

1. Tuhan fokus dalam pemurnian.
Lihatlah kata yang dipakai "Tuhan duduk", Dia sedang menghadapi kita dalam dapur pemurnian-Nya, sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan serius, fokus dan tidak bisa sambil lalu.

2. Tuhan memisahkan kekotoran dan kekudusan.
Tidak tempat untuk zona abu-abu. Setiap dosa dan kekotoran akan Tuhan buang sehingga menghasilkan kekudusan. Melalui panas yang tinggi, sebuah proses yang tidak enak secara daging.

3. Tujuan dari pemurnian supaya kita bisa menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar.
Setelah dimurnikan maka kita akan mengalami kekudusan hidup, baik dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatan sehingga hidup kita menjadi persembahan yang sejati.

Mari kita renungkan hidup kita saat ini, adakah kita sedang proses pemurnian oleh Tuhan? Bersabarlah dan bertekunlah sampai kita menjadi pribadi yang murni dan berkenan kepada Tuhan.


Together Impactful,
Ps. Budi Wikanto, MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages