Jangan Ada Perkataan Kotor



Efesus 4:29 (TB) Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Bagaimana kita membersihkan air gelas yang keruh tanpa menuang airnya? Jawabannya adalah isilah terus-menerus gelas tersebut dengan air yang bersih, maka air yang kotor lama kelamaan akan keluar dan isinya menjadi air bersih.

Banyak orang ingin terbebas dari kata-kata kotor, tapi mengalami kesulitan. Bagaimana nasehat firman Tuhan terkait hal ini?

1. Menjaga Hati
Amsal 4:23-24 (TB) Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu.

Hati adalah sumber segala sesuatu, jika hati kita kudus maka perkataan kita akan kudus. Renungkanlah firman Tuhan siang dan malam. Akuilah dosa-dosa kita, dan mintalah Tuhan senantiasa menguduskan hati kita dengan firman-Nya.

2. Menjaga Perkataan
1 Petrus 3:10 (TB) "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

Lidah atau perkataan kita harus dijaga, minta Roh Kudus untuk menolong kita agar kita bisa menjaga kata-kata kita dengan baik. Ucapkanlah selalu kata-kata yang baik untuk melawan keinginan berkata kotor. Pujilah Tuhan, bernyanyilah bagi Tuhan, belajarlah membagikan kebaikan Tuhan kepada orang lain. Intinya tekun mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

3. Menjaga Pergaulan
1 Korintus 15:33 (TB) Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Bergaullah dengan orang baik dan takut akan Tuhan.
Hindari teman-teman yang suka berkata-kata kotor. Bergaul dengan teman-teman di gereja. Isilah waktumu mengikuti kegiatan di gereja. Belajarlah melayani Tuhan. Buat komunitas melalui iCare. Dengan pergaulan yang baik akan menjaga kita dari berkata-kata kotor.


Together Impactful,
Ps. Budi Wikanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages