Hidup Dengan Bijaksana



Efesus 5:15-17 (TB) Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.


Hidup itu singkat dan keabadian itu panjang. Oleh sebab itu marilah kita bijaksana dalam mengarungi kehidupan yang singkat di dunia ini. Bagaimana caranya?

1. Jangan hidup seperti orang bebal tetapi seperti orang arif.
Orang bebal tidak mengerti dan tidak melakukan Firman Tuhan. Orang bebal mengikuti hawa nafsu. Orang bijaksana melakukan Firman Tuhan dan dapat menguasai diri.

2. Pergunakan waktu dengan bijaksana.
Orang bebal menghabiskan waktu dan melelahkan diri untuk hal yang sia-sia. Begadang sampai larut malam, melakukan hobby yang tidak positif, bergaul dengan teman-teman duniawi dan bermalas-malasan. Orang bijaksana itu rajin dan menggunakan waktu seefektif mungkin sehingga dapat beribadah dan melayani Tuhan. Dikatakan hari-hari ini jahat, sebab Iblis semakin intensif dalam mencobai dan menjatuhkan anak-anak Tuhan.

3. Usahakan mengerti kehendak Tuhan.
Orang bijaksana akan menyediakan waktunya untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan serta berdoa supaya bisa mengerti kehendak Tuhan. Dalam setiap peristiwa akan mengucap syukur supaya bisa memahami kehendak Tuhan di setiap hal yang dihadapi.

Hiduplah dengan bijaksana, sebab suatu hari kelak kita menghadap Tahta Pengadilan Kristus, kita akan mempertanggungjawabkan perbuatan dan waktu yang diberikan kepada kita.


Together Impactful,
Ps. Budi Wikanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages