Semangat Muda



Jumat, 6 Maret 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 13-15

Yosua 14:11 (TB)  pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.

Kaleb telah berusia delapan puluh lima tahun, tetapi semangatnya masih sama ketika usianya empat puluh tahun. Walau usia semakin senja tetapi Kaleb tetap memiliki semangat muda.

Mengapa Kaleb tetap memiliki semangat muda?

1. Sebab Kaleb tetap mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.
Yosua 14:14 (TB)  Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.
Orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan senantiasa mendapat kekuatan yang baru.
Yesaya 40:31 (TB)  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

2. Kaleb memiliki visi (impian).
Salah satu impian Kaleb adalah menaklukkan daerah Hebron yang dikuasai oleh orang Enak, yaitu orang Arba yang merupakan orang yang paling besar di antara orang Enak.
Orang yang memiliki visi akan senantiasa bersemangat mewujudkan visinya. Kaleb memelihara visinya sejak muda, ketika Musa menyuruhnya mengintai tanah Kanaan ia percaya bahwa Tuhan pasti menyerahkan tanah Kanaan menjadi milik pusaka Israel. Orang-orang yang tidak punya visi tidak sanggup mengalahkan musuh-musuhnya. Walaupun usia sudah senja, tetapi karena visinya dari sejak muda, Kaleb berhasil merebut Hebron menjadi milik pusakanya.

Kita tentu sangat merindukan setiap jemaat berapa pun usia mereka tetap memiliki semangat muda. Usia semakin bertambah dan semakin senja, tetapi tidak mengurangi semangat kita untuk melayani Tuhan.

Yesaya 40:30 (TB)  Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung.
Yang menjadi keprihatinan kita saat ini adalah ada anak-anak muda, bukan memiliki semangat muda tetapi semangat pensiun untuk melayani Tuhan. Mengapa? Banyak yang terjerumus dalam pergaulan dan kebiasaan yang buruk. Sebab mereka tidak mengikut Tuhan dengan sepenuh hati dan tidak memiliki visi dalam hidup mereka.


Marilah kita meneladani semangat muda yang dimiliki Kaleb, sampai akhir hidup tetap mengikut Tuhan dengan setia dan mewujudkan setiap visi dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages