Elok Fisiknya Tetapi Jahat Hatinya



Rabu, 1 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 13-15

2 Samuel 14:25 (TB)  Di seluruh Israel tidak ada yang begitu banyak dipuji kecantikannya seperti Absalom. Dari telapak kakinya sampai ujung kepalanya tidak ada cacat padanya.

Keelokan fisik Absalom nyaris sempurna dari ujung kepala sampai ujung kaki. Orang-orang Israel memuji keelokan Absalom. Tetapi keelokan fisik Absalom tidak dimbangi dengan keelokan hatinya. Ia memiliki hati yang jahat.
Absalom memendam kebencian kepada Amnon karena telah memperkosa adiknya yaitu Tamar. Absalom memendam kebencian dan membunuh Amnon anak raja Daud lalu melarikan diri dari istana. Setelah diampuni Daud dan boleh tinggal di Yerusalem Absalom kembali membuat ulah. Ia mencuri hati orang-orang Israel dan mengadakan persepakatan gelap untuk menjadikan dirinya sebagai raja Israel sehingga raja Daud, ayahnya melarikan diri.

Keelokan fisik tidak selalu diikuti keelokan hati. Berbahagialah orang yang dikaruniai keelokan fisik dan keelokan hati. Akan hidup sengsara bersama dengan orang yang hatinya jahat, sekalipun elok fisiknya. Jangan pandang manusia dari fisiknya karena belum tentu elok juga hatinya.

1 Samuel 16:7 (TB)  Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Pesan bagi kita semua, belum tentu orang yang berperawakan elok dan gagah layak jadi pemimpin karena belum tentu hatinya elok. Tetapi jika kita menemukan seorang yang hatinya elok, sekalipun perawakannya tidak elok sesungguhnya ia layak menjadi pemimpin. Sebab tugas pemimpin adalah membawa kepada kebaikan dengan lebih dahulu menjadi teladan.


Bagi para jomblo, jangan hanya mencari atau mengejar pasangan yang elok fisiknya. Tetapi berdoalah minta kepada Tuhan dan carilah pasangan yang elok hatinya, dan bersyukurlah bila Tuhan berikan bonus yaitu elok fisiknya. Biarlah renungan ini menjadikan kita semakin bijaksana dalam melihat penampilan orang lain. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages