Karya Tuhan Lebih Besar



Kamis, 5 Maret 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 10-12

Yosua 10:11 (TB)  Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Salah satu pertempuran yang paling seru ketika bangsa Israel bertempur di dekat Gideon. Bangsa Israel menghadapi lima raja sekaligus yang bersekutu melawan Israel, sebab mereka tahu bahwa pasukan Israel sangat kuat. Penduduk Gibeon mengikat persahabatan dengan Israel menghadapi raja Yerusalem, raja Hebron, raja Yarmut, raja Lakhis dan raja Eglon. Salah satu keseruan adalah tercatat di Alkitab doa Yosua untuk menghentikan matahari dan bulan sampai bangsa Israel bisa mengalahkan musuh-musuhnya (Yosua 10:12).

Pada akhirnya bangsa Israel mengalami kemenangan besar. Namun sesungguhnya bukan karena kehebatan atau usaha bangsa Israel yang lebih dominan melainkan karena karya Tuhan.
Tuhan menurunkan hujan batu dari langit sehingga musuh-musuh Israel tewas. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.
Hal ini membuktikan bahwa karya Tuhan jauh lebih besar daripada usaha bangsa Israel.

Banyak kemenangan dan keberhasilan yang telah kita raih, semua bukan karena usaha kita melainkan berkat dan karya Tuhan bagi kita. Baik dalam keluarga, kemasyarakatan, pekerjaan, studi maupun pelayanan peran Tuhan jauh lebih dominan daripada usaha kita. Oleh sebab itu janganlah sombong dan merasa semua bisa kita raih karena usaha kita. Tuhan yang memberi kita kesempatan, kekuatan, kepandaian dan kesehatan bagi kita sehingga kita bisa dipakai oleh Tuhan meraih kemenangan.

Kita percaya bahwa tahun ini adalah Greater Blessing. Jika di tahun ini kita mengalami berkat dan pemulihan, marilah kita bersyukur dan menyadari bahwa semua adalah kasih karunia dan karya Tuhan dalam hidup kita. Jangan kita menyombongkan diri dengan semua usaha kita. Kalau kita bisa semua karena anugerah-Nya. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages