Keamanan Dari Tuhan



Minggu, 8 Maret 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 19-21

Yosua 21:44 (TB)  Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka.

Setelah suku-suku bangsa Israel mendapatkan milik pusaka dan tanah-tanah penggembalaannya, maka Tuhan mengaruniakan keamanan di setiap negeri yang Tuhan berikan.

Apakah arti keamanan dari Tuhan?

1. Keamanan adalah pemberian Tuhan bukan usaha manusia.
Dalam ayat tersebut jelas dikatakan "Tuhan mengaruniakan", artinya jika negeri atau kota-kota mereka aman karena pemberian Tuhan, bukan usaha manusia untuk menjaganya. Dalam kehidupan masa kini, kota-kota yang dipercayakan bagi kita meliputi keluarga, pekerjaan/bisnis, studi maupun pelayanan. Demikian pula kota dan bangsa di mana kita tinggal. Merupakan tugas dan tanggung jawab kita untuk menjaga pemberian Tuhan, tetapi perlindungan yang sesungguhnya datang dari Tuhan.
Mazmur 127:1 (TB)  Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.

2. Keamanan bukan berarti bebas dari musuh.
Dalam ayat tersebut juga disebutkan, "Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka."
Menjadi orang Kristen yang berbahagia bukan berarti tanpa masalah, akan tetapi Tuhan memberi kekuatan dan jalan keluar atas setiap masalah dan tantangan yang dihadapi.
Mazmur 34:20 (TB) Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;
1 Korintus 10:13 (TB)  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.


Hari-hari ini salah satu musuh yang dihadapi bangsa-bangsa adalah virus corona (COVID-19). Virus ini menebarkan ketakutan, kepanikan dan mempengaruhi ekonomi dunia.
Bagaimana respon kita menghadapinya? Kita melakukan usaha-usaha yang menjadi bagian kita yaitu menjaga kebersihan dan kesehatan, tetapi tetap berdoa meminta karunia Tuhan yaitu perlindungan. Kita percaya dalam semua yang Tuhan ijinkan terjadi, melatih kita untuk berperang dan melihat bagaimana tangan Tuhan bekerja menolong umat-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. Greater Blessing. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages