Menjaga Keinginan Mata



Minggu, 15 Maret 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 16-18

Hakim-hakim 16:21 (TB)  Orang Filistin itu menangkap dia, mencungkil kedua matanya dan membawanya ke Gaza. Di situ ia dibelenggu dengan dua rantai tembaga dan pekerjaannya di penjara ialah menggiling.

Ketika Simon ditangkap karena kehilangan kekuatannya, maka orang Filistin mencungkil matanya dan membelenggunya dengan dua rantai tembaga. Mengapa pertama-tama mata Simson yang dicungkil?

1. Mata adalah pintu utama masuknya dosa.

Lukas 11:34 (TB)  Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.

Yesus memberi peringatan yang keras akan dosa yang disebabkan oleh keinginan mata. Kita harus tegas mendisiplin mata kita, hal ini digambarkan dengan kata mencungkil dan membuang mata kita.
Matius 5:29 (TB)  Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

2. Mata penuh dengan keinginan.

1 Yohanes 2:16 (TB)  Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Satu kelemahan Simson adalah memanjakan keinginan matanya. Berulang kali ia jatuh dalam dosa karena melihat perempuan cantik dan mengingininya. Ia mengawini perempuan Filistin di Timma, ia menghampiri perempuan sundal dan jatuh cinta kepada Delila perempuan dari Filistin yang membuat ia kehilangan kekuatannya.

Betapa pentingnya menjaga mata dari segala keinginan yang berdosa. Contoh lain adalah raja Salomo yang mencintai banyak perempuan asing sehingga mencondongkan hatinya menyembah allah-allah para isteri dan gundiknya.

Keinginan mata mempengaruhi keinginan hati. Dengan melihat perempuan yang cantik membuat hati mengingininya, ini adalah dosa.
Matius 5:28 (TB)  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Dengan melihat barang milik orang lain membuat kita mengingininya, ini juga berdosa.
Keluaran 20:17 (TB)  Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."

Bagaimana cara menjaga mata dari segala keinginan yang berdosa? Dengan mengisi hidup kita dengan firman Tuhan dan senantiasa memandang kepada Tuhan, akan membuat penglihatan kita tidak berfokus pada perkara duniawi melainkan pada perkara rohani. Pesan hari ini, mari kita jaga mata agar tidak jatuh dalam dosa. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages