Langkah-langkah Pertobatan



Sabtu, 21 Maret 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 10-12

1 Samuel 12:20 (TB)  Dan berkatalah Samuel kepada bangsa itu: "Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti TUHAN, melainkan beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu.

Meminta seorang raja bagi bangsa Israel sesungguhnya merupakan suatu dosa di hadapan Tuhan. Sebab mereka sesungguhnya telah menolak Tuhan dan lebih percaya kepada raja yang bisa terlihat oleh mata. Samuel sebagai seorang nabi yang disegani oleh bangsa Israel memberi nasehat kepada bangsa Israel, sesudah Tuhan memberikan Saul menjadi raja bangsa Israel. Nasehat tersebut merupakan langkah-langkah pertobatan yang harus dilakukan supaya mereka berkenan kepada Tuhan.

Berikut adalah langkah-langkah pertobatan menurut 1 Sam 12:20.

1. Menyadari dosa dan takut kepada Tuhan.
"Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini", kalimat ini menunjukkan bahwa bangsa Israel menjadi takut kepada Tuhan sebab mereka telah berdosa. Setelah seseorang berbuat dosa maka hati nuraninya akan menyadarkan akan dosa kemudian ada rasa takut kepada Tuhan, takut menerima hukuman bahkan takut untuk bertemu Tuhan. Hal ini juga terjadi ketika manusia pertama kali jatuh dalam dosa. Adam takut bertemu TUHAN di taman Eden.

2. Jangan berhenti mengikuti Tuhan.
Setelah sadar akan dosanya, langkah pertobatan yang benar adalah kembali kepada Tuhan dan meninggalkan dosanya. Sedangkan langkah yang salah justru semakin jatuh lebih dalam ke dalam dosa. Seorang PSK yang diwawancarai "mengapa ia bergelut dalam profesi sebagai PSK"? Ada seorang menjawab sebab ia telah kehilangan keperawanan dengan pacarnya dan kemudian ditinggalkan. Menyadari bahwa dirinya telah hina bukannya kembali kepada Tuhan, tetapi justru semakin jatuh dalam dosa perzinahan.
Pertobatan yang benar, setelah menyadari dosa seharusnya kembali kepada Tuhan dan jangan berhenti mengikut Tuhan.

3. Beribadah kepada Tuhan dengan segenap hati.
Mengapa ibadah penting bagi orang yang baru bertobat? Sebab ibadah membawanya lebih dekat dengan Tuhan dan menjauhi dosa. Di samping itu dalam ibadah bersama, kita bersekutu dengan orang-orang kudus sehingga menjauhkan kita dari dosa. Setiap dosa dan kebiasaan buruk akan terus dikuduskan / dibersihkan apabila kita beribadah sungguh-sungguh kepada Tuhan.

Sebagai seorang hamba Tuhan, mengunjungi jemaat dan melayani pertobatan mereka merupakan panggilan pelayanan. Sukacita yang besar terjadi apabila ada jiwa-jiwa yang menyadari dosanya, kemudian mengikut Tuhan dan beribadah dengan segenap hati. Tetapi yang menyedihkan adalah jemaat yang sudah menyadari dosanya tetapi mengeraskan hati dan tidak setia mengikut Tuhan maupun beribadah.


Pada hari ini, jika Anda membaca renungan ini dan Anda ingin mengalami pertobatan sejati, ikutilah langkah-langkah pertobatan tersebut. Maka Anda akan mengalami kehidupan yang diperbaharui dan dipulihkan dalam Kristus Yesus. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages