Upah Kesetiaan




Senin, 18 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Rut 1-4

Rut 2:11-12 (TB)  Boas menjawab: "Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati, dan bagaimana engkau meninggalkan ibu bapamu dan tanah kelahiranmu serta pergi kepada suatu bangsa yang dahulu tidak engkau kenal.
TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung."

Membaca kisah hidup Rut, ada suatu kata yang dapat menyimpulkan kisah hidupnya, yaitu kesetiaan. Ketika suaminya meninggal, mertuanya mendesak agar ia kembali kepada bangsanya dan para allahnya. Tetapi Rut memegang teguh perjanjiannya kepada Tuhan.
Rut 1:16 (TB)  Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Kepada siapakah Rut menyatakan kesetiaannya?
1. Kesetiaan kepada orang tua
Rut telah menjadikan Naomi sebagai orang tuanya, dan sedikit pun tidak terbersit keinginan untuk meninggalkannya. Dalam suka maupun duka akan senantiasa bersama, mengabaikan setiap desakan untuk meninggalkan orang tua.

2. Kesetiaan kepada umat Tuhan (gereja)
Rut memegang perjanjian "bangsamulah bangsaku", ia telah meninggalkan bangsa Moab yang kafir dan bersatu dengan bangsa Yahudi (umat Tuhan).
Jika dianalogikan, pengertian bangsa di Perjanjian Lama sama dengan pengertian gereja di Perjanjian Baru yaitu sekumpulan umat yang telah dipilih atau diselamatkan oleh Tuhan. Rut telah menjadikan umat Allah (gereja) sebagai keluarga kedua setelah orang tua (Naomi).

3. Kesetiaan kepada Allah
Dengan tegas Rut juga menyatakan bahwa "Allahmulah Allahku", Allah yang disembah Naomi dan bangsa Yahudi (umat Allah) adalah Allahnya. Rut telah meninggalkan para allah (dewa-dewi bangsa Moab) dan mengikut Allah dengan sepenuh hati.

Apakah upah kesetiaan Rut?

1. Menerima penebusan
Tuhan mengaruniakan seorang penebus bagi Rut yaitu Boas, yang menebus Rut dari kaum keluarganya serta menegakkan perjanjian bahwa Rut adalah bagian dari umat Allah.

2. Menerima berkat keluarga
Boas menikahi Rut menjadi istrinya, Rut mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamainya Obed. Obed adalah kakek dari Daud. Akhirnya Rut dipakai Tuhan masuk dalam silsilah yang melahirkan Daud dan Kristus.

3. Menerima berkat kemakmuran
Dari keadaan yang serba susah di Moab karena kekeringan, lalu pulang ke Yehuda bekerja keras menjadi pemungut sisa-sisa panen, akhirnya Rut menjadi istri Boas. Boas adalah seorang yang kaya raya dan terpandang di antara bangsa Yahudi. Rut mengalami kemakmuran berada bersama umat Tuhan. Jadi kemakmuran yang dialami adalah kemakmuran secara rohani dan jasmani.

Saudaraku, janganlah memandang rendah upah kesetiaan.
1 Korintus 3:14 (TB)  Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.
Ibrani 11:6 (TB)  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
Kata tahan uji dan sungguh-sungguh mencari Tuhan adalah perwujudan tentang kesetiaan. 

Marilah kita terus setia kepada Tuhan, keluarga dan gereja. Tuhan akan menyediakan upah bagi semua orang yang setia. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages