Bangkitlah Pahlawan Yang Gagah Berani



Selasa, 12 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 4-6

Hakim-hakim 6:12 (TB)  Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."

Dunia cenderung menghakimi setiap perbuatan maupun keadaan kita. Mereka  bergembira bila melihat orang Kristen jatuh dan gagal. Tidak ada yang memberi motivasi dan semangat.

Gideon adalah seorang penakut, terintimidasi dan bersembunyi terhadap orang Midian. Bersama bangsa Israel telah menjadi melarat karena harta dan panen mereka selalu dijarah orang bangsa Midian. Mereka terpaksa tinggal di gua-gua supaya tidak diketahui bangsa Midian. Kehidupan mereka sangat terkekang dan menderita.

Ketika Tuhan hendak menolong bangsa Israel, Ia menjumpai Gideon dalam keadaan takut dan putus asa. Tetapi apa yang Tuhan katakan sungguh di luar dugaan. Tuhan hadir dalam rupa Malaikat Tuhan dan berfirman, " TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."

Apa yang dapat kita pelajari dari firman Tuhan tersebut?

1. Perkataan Tuhan berbeda dengan perkataan dunia.
Jangan percaya kata orang dunia yang menyebut anda sebagai orang yang bodoh, gagal, nakal, pengecut dan sebagainya. Sebaliknya percayalah firman Tuhan yang menyebut Anda sebagai seorang yang berani, seorang yang diberkati, seorang yang mendapatkan kasih karunia.
Matius 9:29 (TB)  Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu."
Jadilah kepada Anda menurut apa yang Anda percaya.

2. Tuhan adalah motivator ulung.
Di saat tidak ada lagi orang yang bersama Anda memberi dukungan dan semangat, Tuhan senantiasa hadir bersama Anda. Ia memberi semangat ketika Anda gagal dan jatuh. Bagi Tuhan kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Seringkali melalui kegagalan Tuhan justru membangkitkan para pemenang. Mendekatlah kepada Tuhan dan dengarkan suara-Nya yang selalu memberi semangat dan meyakinkan Anda.

3. Tuhan selalu menyertai Anda.
Anda tidak sendiri ketika sedang gagal dan jatuh. Teman-teman, sahabat atau keluarga mungkin meninggalkan Anda, tetapi Tuhan berjanji senantiasa menyertai Anda.
Roma 8:31 (TB)  Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
Jika Tuhan bersama Anda, pasti Anda bisa mengalahkan setiap masalah dan tantangan.

Mari kita sambut hari ini dan esok dengan semangat yang baru, lupakan kegagalan di masa lalu. Jangan percaya kata orang, tetapi percayalah kata Tuhan bagi Anda. Tuhan adalah motivator ulung dan senantiasa menyertai Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages