Mata Air Penyeru




Jumat, 15 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 13-15

Hakim-hakim 15:18-19 (TB)  Ketika ia sangat haus, berserulah ia kepada TUHAN: "Oleh tangan hamba-Mu ini telah Kauberikan kemenangan yang besar itu, masakan sekarang aku akan mati kehausan dan jatuh ke dalam tangan orang-orang yang tidak bersunat itu!"
Kemudian Allah membelah liang batu yang di Lehi itu, dan keluarlah air dari situ. Ia minum, lalu menjadi kuat dan segar kembali. Sebab itu dinamailah mata air itu Mata Air Penyeru, yang sampai sekarang masih ada di Lehi.

Simson mengalami kehausan ketika berperang melawan orang Filistin. Kekuatannya mulai lemah sehingga ia berseru kepada Tuhan. Tuhan membelah liang batu di Lehi menjadi mata air. Mata air ini disebut sebagai Mata Air Penyeru. Setelah Simson minum air itu ia menjadi kuat dan segar kembali.

Kisah tentang Simson di atas sesungguhnya merupakan gambaran kehidupan kita sekarang.

1. Peperangan dengan masalah dan pergumulan hidup membuat kita haus.
Beratnya masalah dan pergumulan hidup membuat kita lemah bahkan tak berdaya. Pergumulan dalam hidup menghabiskan energi secara fisik, mental (pikiran) bahkan secara rohani. Tak jarang orang yang mengalami pergumulan yang berat tidak bisa bersukacita bahkan mengalami depresi.

2. Berseru kepada Tuhan adalah langkah yang tepat.
Manusia mungkin sudah tidak bisa lagi menolong dan kita andalkan. Inilah waktunya kita berseru kepada Tuhan. Tuhan adalah sumber kekuatan dan kehidupan. Ketika kita berseru kepada Tuhan, Dia akan mendengar dan memberikan kekuatan yang baru.

3. Air kehidupan dari Tuhan akan menyegarkan dahaga jiwa kita.
Pertemuan perempuan Samaria denga Yesus telah mengubah hidupnya. Jika minum dari sumur di Samaria akan tetap haus lagi, tetapi jika minum dari air kehidupan yang Yesus berikan tidak akan haus lagi untuk selama-lamanya.
Di saat menghadapi masalah dan pergumulan, datanglah kepada Yesus. Dia adalah Mata Air Penyeru, Ia akan memberikan kekuatan dan kesegaran di tengah kekeringan dan kehausan yang sedang kita alami.
Yohanes 4:13-14 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi,
tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Saat Anda dalam pergumulan datanglah kepada Yesus. Ia akan memberikan air kehidupan dari Mata Air Penyeru. Anda akan mengalami kekuatan dan kelegaan sekalipun masalah dan pergumulan hidup yang Anda hadapi begitu berat.
Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Percayalah hari ini pasti datang kekuatan, kelegaan dan pertolongan dari Tuhan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages