Tanggung Jawab



Minggu, 24 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 16-18

1 Samuel 17:15 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Betlehem.

Daud dipilih Saul untuk menjadi pelayannya. 1 Samuel 16:21-22 (TB)  Demikianlah Daud sampai kepada Saul dan menjadi pelayannya. Saul sangat mengasihinya, dan ia menjadi pembawa senjatanya.
Sebab itu Saul menyuruh orang kepada Isai mengatakan: "Biarkanlah Daud tetap menjadi pelayanku, sebab aku suka kepadanya."
Sebenarnya ada alasan bagi Daud untuk meninggalkan kambing domba yang dipercayakan oleh ayahnya kepadanya. Tetapi setelah tugasnya melayani Saul selesai, Daud selalu pulang untuk menggembalakan kambing domba ayahnya.

1. Setia bertanggung jawab dalam perkara kecil.
Berapa kambing domba yang dipercayakan kepada Daud sehingga ia harus rela bolak-balik dari istana Saul ke padang demi menjaga kambing domba yang dipercayakan kepadanya?

1 Samuel 17:28 (TB)  Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud kepada orang-orang itu, bangkitlah amarah Eliab kepada Daud sambil berkata: "Mengapa engkau datang? Dan pada siapakah kautinggalkan kambing domba yang dua tiga ekor itu di padang gurun? Aku kenal sifat pemberanimu dan kejahatan hatimu: engkau datang ke mari dengan maksud melihat pertempuran."

Dalam ayat tersebut ternyata jumlah kambing domba yang dipercayakan kepada Daud hanyalah dua tiga ekor. Artinya Daud tetap setia walaupun dipercayakan tanggung jawab yang kecil.

2. Tanggung jawab dan pendelegasian.
Ketika Isai, ayah Daud menyuruhnya mengantarkan makanan kepada kakak-kakaknya di medan pertempuran, Daud tidak serta merta meninggalkan kambing dombanya.

1 Samuel 17:20 (TB)  Lalu Daud bangun pagi-pagi, ditinggalkannyalah kambing dombanya pada seorang penjaga, lalu mengangkat muatan dan pergi, seperti yang diperintahkan Isai kepadanya. Sampailah ia ke perkemahan, ketika tentara keluar untuk mengatur barisannya dan mengangkat sorak perang.

Daud mendelegasikan kepada seorang penjaga. Daud memastikan kambing dombanya tetap dijaga dengan baik. Daud sangat bertanggung jawab.

Jadi ada 2 prinsip tanggung jawab yang bisa kita dapatkan hari ini, yaitu
1. Setia bertanggung jawab dalam perkara kecil.
2. Tidak lari dari tanggung jawab, tetapi mendelegasikan tugas apabila berhalangan adalah tindakan yang tepat untuk tetap bertanggung jawab.

Matius 25:21 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Itulah sebabnya Tuhan memilih Daud untuk menjadi raja karena ia adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab. Setialah dalam tanggung jawab yang Tuhan percayakan kepada Anda, Tuhan akan mempromosikan Anda dalam tanggung jawab yang lebih besar. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages