Modus Penipuan Di Gereja



Senin, 5 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 7-9

Yosua 9:22 (TB)  Lalu Yosua memanggil mereka dan berkata kepada mereka, demikian: "Mengapa kamu menipu kami dengan berkata: Kami ini tinggal sangat jauh dari pada kamu, padahal kamu diam di tengah-tengah kami?

Mendengar kedahsyatan Tuhan melalui bangsa Israel yang menewaskan semua musuh-musuhnya, maka datanglah penduduk negeri Gibeon dengan tipu muslihat. Mereka tidak mau binasa seperti bangsa-bangsa lain.

Yosua 9:3-5 (TB)  Tetapi ketika terdengar kepada penduduk negeri Gibeon apa yang dilakukan Yosua terhadap Yerikho dan Ai, maka mereka pun bertindak dengan memakai akal: mereka pergi menyediakan bekal, mengambil karung yang buruk-buruk untuk dimuatkan ke atas keledai mereka dan kirbat anggur yang buruk-buruk, yang robek dan dijahit kembali, dan kasut yang buruk-buruk dan ditambal untuk dikenakan pada kaki mereka dan pakaian yang buruk-buruk untuk dikenakan oleh mereka, sedang segala roti bekal mereka telah kering, tinggal remah-remah belaka.

Yosua dan para pemimpin percaya sehingga mereka mengikat perjanjian untuk tidak menewaskan mereka. Setelah perjanjian dibuat barulah diketahui bahwa ternyata penduduk negeri Gibeon tidak jauh dari mereka dan mereka tidaklah miskin seperti penampilan mereka datang kepada Yosua.

Akibat tipu muslihat ini, penduduk negeri Gibeon menerima kutuk turun-temurun.
Yosua 9:23 (TB)  Oleh sebab itu, terkutuklah kamu dan tak putus-putusnya kamu menjadi hamba, tukang belah kayu dan tukang timba air untuk rumah Allahku."

Pelajaran bagi kita pagi ini:

1. Berlakulah jujur dalam segala hal agar kita tidak menerima kutuk.

2. Waspadalah ada orang-orang baru yang datang ke gereja dengan merubah penampilan mereka. Ada yang pura-pura miskin, ada yang pura-pura kaya atau pura-pura rohani dengan maksud untuk menipu, dan ini benar-benar terjadi pada hari-hari ini. Mereka tidak takut akan Tuhan dan tidak takut menerima kutuk. Mereka adalah serigala berbulu domba.

3. Mintalah petunjuk dari Tuhan.
Yosua dan para pemimpin tertipu oleh orang-orang Gibeon karena tidak meminta petunjuk dari Tuhan. (Yosua 9:14). Bila kita mendapati kenyataan seperti di atas mintalah petunjuk dari Tuhan supaya tidak tertipu oleh orang-orang yang berniat jahat yang mengatasnamakan Tuhan.

Selamat berkarya, Tuhan memberkati.
(Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages