Borok Emas dan Tikus Emas



Rabu, 20 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 4-6

1 Samuel 6:11 (TB)  Mereka meletakkan tabut TUHAN ke atas kereta, juga peti berisi tikus-tikus emas dan gambar benjol-benjol mereka.

Ketika Anda membaca judul di atas mungkin Anda bertanya apa arti benjol-benjol emas dan tikus-tikus emas?
Singkat cerita Tabut Allah dirampas oleh bangsa Filistin. Tetapi tangan Tuhan menekan bangsa Filistin dengan sangat berat. Seluruh bangsa Filistin menderita borok-borok yang menjijikkan dan ladang-ladang mereka dihabisi oleh tikus-tikus sehingga mereka sangat menderita. Agar mereka dilepaskan dari penderitaan ini, mereka mengembalikan Tabut Allah kepada bangsa Israel disertai dengan penebusan. Barang yang digunakan untuk menebus adalah 5 borok-borok emas dan 5 tikus-tikus emas mewakili 5 raja-raja Filistin. Barang tebusan tersebut dimasukkan ke dalam peti dan diletakkan di samping Tabut Allah. Keduanya dimuat di atas kereta yang ditarik oleh kedua lembu yang menyusui. Akhirnya Tabut Allah kembali kepada bangsa Israel.

Apa yang dapat kita pelajari dari kisah penebusan tersebut?

1. Kehinaan digantikan dengan kemuliaan.
Borok-borok adalah penderitaan yang menjijikkan dan tikus-tikus adalah kutuk yang menggagalkan panen. Keduanya adalah kehinaan bagi manusia. Tetapi melalui penebusan, keduanya digantikan oleh kemuliaan yaitu borok-borok emas dan tikus-tikus emas. Penebusan ini dipersembahkan kepada Allah. Penebusan secara rohani adalah semua penderitaan, kehinaan dan kutuk telah ditanggungkan kepada Kristus yang mulia dan kudus sebagai Anak Domba Allah yang dikorbankan dan berkenan di hadapan Allah.

2. Penebusan diwakilkan
Borok-borok melanda seluruh bangsa Filistin dan tikus-tikus menghabiskan ladang-ladang Filistin, tetapi jumlah penebusan hanya terdiri dari 5 borok-borok emas dan 5 tikus-tikus emas. Dalam penebusan dosa hanya Yesus, satu-satunya yang mewakili seluruh umat manusia dalam karya penebusan Tuhan.

3. Penebusan membawa kelepasan
Setelah bangsa Filistin mengembalikan Tabut Allah dan memberikan barang-barang tebusan, segala penderitaan mereka diangkat. Mereka mengalami kesembuhan dan tikus-tikus tidak lagi melanda ladang-ladang mereka. Penebusan yang dilakukan dalam Kristus telah membawa kelepasan dan pengampunan bagi setiap orang yang percaya.

Yesus Kristus adalah korban penebusan bagi kita. Percayalah kepada-Nya, terimalah Yesus Kristus menjadi Tuhan dan Juru Selamat bagi Anda, maka Anda akan menerima karya penebusan. Dosa-dosa Anda diampuni, Anda dilepaskan dari kutuk dosa dan hidup kembali dalam persekutuan dengan Allah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages