Tuhan Setia Memenuhi Janji-Nya



Sabtu, 9 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 19-21

Yosua 21:45 (TB)  Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.

Dua belas suku Israel pada akhirnya mendapatkan milik pusaka masing-masing. Setelah melewati perjalanan yang sangat panjang baik di padang gurun maupun di tanah Kanaan akhirnya genaplah janji Tuhan membawa bangsa Israel ke Tanah Perjanjian.

1. Janji Tuhan adalah segala yang baik.
Tuhan memberi segala yang baik kepada anak-anaknya. Tanah Kanaan yang dijanjikan adalah tanah yang subur, penuh dengan susu dan madu. Ia tidak memberikan tanah yang gersang atau padang gurun.

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

2. Penggenapan janji Tuhan melalui sebuah proses.
Batu permata menjadi perhiasan yang sangat mahal, melalui sebuah proses yang sangat panjang baik pembentukannya maupun pengerjaannya. Proses yang pendek hanya akan membawa bangsa Israel di padang gurun yang tandus. Tetapi proses yang panjang membawa mereka ke Tanah Kanaan yang subur dan makmur. Jika Anda "seakan-akan belum mencapai Kanaan" bersabarlah, Anda sedang menjalani sebuah proses penggenapan janji Allah. Tuhan akan membawa Anda kepada yang terbaik dan bukan hanya rata-rata.

3. Tuhan tidak pernah lalai menepati janji-Nya.
Dalam Yosua 21:45, ... tidak ada yang tidak dipenuhi, semuanya terpenuhi.
Membuktikan bahwa Tuhan tidak pernah lalai menggenapi janjinya.
Mungkin bagi sebagian orang seakan-akan Tuhan lalai, tetapi sesungguhnya sedang dalam proses.

2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Percayalah Tuhan pasti menggenapi janji-Nya, Ia memberikan yang terbaik bagi Anda. Jika Anda saat ini belum mengalaminya, doakanlah dan nantikanlah dengan tekun, sebab semuanya sedang proses menuju penggenapannya dalam hidup Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages