Dia Latihku Berperang




Senin, 11 Maret 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 1-3

Hakim-hakim 3:1-2 (TB)  Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan.
— Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN.

Tuhan menyisakan bangsa-bangsa lain tinggal di tanah Kanaan dengan maksud agar keturunan yang tidak mengalami perang Kanaan dilatih berperang oleh Tuhan.

Orang tua yang memanjakan anaknya akan menyebabkan anaknya memiliki mental dan daya juang yang lemah. Sebaliknya anak yang dididik untuk mandiri sejak kecil akan memiliki daya juang yang kuat dan tidak mudah menyerah. Masalah dalam hidup ini merupakan latihan untuk mengalami kesuksesan yang lebih besar.

1. Masalah mendewasakan kita.
Masalah yang terjadi dalam kehidupan sesungguhnya mendewasakan kita. Kita mendapatkan banyak hikmat dan pengalaman yang berharga melalui masalah yang kita alami.

2. Masalah membuat kita bergantung kepada Tuhan.
Ada masalah yang terjadi di mana tidak mungkin teratasi dengan kekuatan kita. Di sinilah kita belajar untuk bergantung kepada Tuhan dan percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

3. Masalah yang kita hadapi tidak melebihi kekuatan kita.
Tuhan sudah menyaring setiap masalah, dan masalah yang kita hadapi tidak melebihi kekuatan kita. Tuhan memberi jalan keluar di setiap masalah.
1 Korintus 10:13 (TB)  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

4. Tuhan menyertai kita saat menghadapi masalah.
Seperti seorang yang sedang menjalani training, ada pembimbing yang mendampingi. Demikian pula Tuhan menyertai kita dalam menghadapi masalah. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Kapan pun kita berseru, Dia selalu siap menolong.
Roma 8:31 (TB)  Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Bersyukurlah jika hari ini kita masih menghadapi masalah, itulah tanda bahwa kita masih hidup.
2 Korintus 5:4 (TB)  Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.

Jadi tetaplah bersukacita sepanjang hari, betapa pun beratnya masalah dan pergumulan dalam hidup kita. Semuanya Tuhan ijinkan terjadi untuk melatih kita berperang dan menjadikan kita sebagai seorang pemenang. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages