Tunduk Pada Otoritas


Rabu, 12 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Titus 1-3

Titus 3:1 (TB)  Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.

Seorang pemimpin adalah orang yang menempatkan diri di bawah otoritas. Tidak ada orang yang independen dan tidak tunduk kepada pemimpin di atasnya. Bahkan pemimpin negara pun harus tunduk kepada Tuhan sebagai otoritas tertinggi atas seluruh dunia.

Berikut adalah otoritas yang Tuhan tempatkan di atas kita.

1. Otoritas dalam Keluarga
Kolose 3:18-20 (TB)  Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.
Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

2. Otoritas dalam Pekerjaan
Kolose 3:22 (TB)  Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.

3. Otoritas dalam Pelayanan
1 Tesalonika 5:12-13 (TB)  Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;
dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.

4. Otoritas dalam Pemerintahan
Roma 13:1-2 (TB)  Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.
Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

Penundukkan kepada otoritas hendakah dengan segenap hati dan kekuatan. Jangan ada yang seolah-olah tunduk, bermulut manis tetapi sesungguhnya di dalam hatinya ada pemberontakan. Mari kita terus belajar menundukkan diri kepada otoritas yang Tuhan tempatkan di atas kita agar kehidupan kita semakin berkenan di hadapan Tuhan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages