Doa Untuk Pemimpin Rohani


Senin, 24 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Yoh, 3 Yoh, Yudas

3 Yohanes 1:2 (TB)  Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.

Ada banyak nama Gayus di Alkitab, namun yang disebut Gayus di surat Yohanes ini adalah seorang penatua atau pemimpin dalam jemaat. Seorang penatua akan menjadi teladan bagi seluruh jemaat sehingga Rasul Yohanes berdoa semoga Gayus baik-baik saja dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu sama seperti jiwanya baik-baik saja.

Kita patut bersyukur Tuhan telah menempatkan para pemimpin rohani di antara kita. Sudahkah kita berdoa untuk mereka? Apakah pokok doa kita untuk mereka?

1. Kehidupan rohani yang baik dan sehat.
Ini akan memberi dampak rohani juga bagi jemaat. Pemimpin yang bertumbuh secara rohani juga akan membuat jemaat secara rohani mengalami pertumbuhan. Doakan agar mereka senantiasa mengalami kehidupan rohani yang seimbang, kudus, intim dengan Tuhan sehingga bisa mendengar visi dan pesan Tuhan bagi jemaat.

2. Kehidupan jasmani yang baik dan sehat.
Kehidupan jasmani meliputi kesehatan tubuh, keluarga, keuangan, pekerjaan, studi, pelayanan dan hubungan yang sehat. Percayalah jika seorang pemimpin diberkati maka jemaat juga akan diberkati.

Paulus sebagai seorang rasul juga terus terang membutuhkan dukungan doa jemaat.
1 Tesalonika 5:25 (TB)  Saudara-saudara, doakanlah kami.
Efesus 6:19-20 (TB)  juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,
yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

Selain berdoa untuk para pemimpin jemaat, kita juga harus tunduk dan mendukung mereka dalam segala hal.
1 Timotius 5:17-18 (TB)  Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.
Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik," dan lagi "seorang pekerja patut mendapat upahnya."

Jangan hanya berdoa untuk kebutuhan diri sendiri tetapi mulailah berdoa untuk para pemimpin rohani. Doa-doa jemaat adalah perisai yang melindungi para pemimpin agar mereka tidak jatuh dalam pencobaan. Jangan biarkan para pemimpin berjuang seorang diri, mereka akan kelelahan sementara jemaat masa bodoh. Bersatulah, doakan, dukunglah dan berkatilah para pemimpin rohanimu sehingga mereka bisa melayani lebih baik lagi dan membawa pertumbuhan bagi jemaat baik secara rohani maupun jasmani. Tuhan memberkati. (Ps.BW).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages