Mengembangkan Kepemimpinan Gereja


Selasa, 11 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Timotius 1-4

2 Timotius 2:2 (TB)  Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.

Salah satu kunci penting pertumbuhan gereja adalah mengembangkan kepemimpinan. Bila kepemimpinan bertumbuh baik secara kualitas maupun kuantitas maka gereja akan bertumbuh. Hal ini disebabkan pemimpin akan menggerakkan pengikut, dan pengikut yang bertumbuh dalam kualitas akan menjadi pemimpin.

Paulus memberi pesan kepada Timotius agar tidak menjadi "superman" atau seorang diri dalam pelayanan. Sebaliknya ia memberi nasehat agar mengembangkan para pemimpin bersama-sama dengan dia. Apa yang telah didengar dari Paulus, hendaklah juga dipercayakan kepada orang-orang yang dapat dipercayai dan yang juga cakap mengajar orang lain.

Karakter orang yang seperti apa yang dapat dipercaya dan cakap mengajar?

1. Karakter prajurit yaitu tunduk pada otoritas.
2 Timotius 2:4 (TB)  Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

2. Karakter olahragawan yaitu sportif (jujur) dan taat pada peraturan.
2 Timotius 2:5 (TB)  Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.

3. Karakter petani yaitu seorang pekerja keras.
2 Timotius 2:6 (TB)  Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.

Seringkali orang yang menerima kepercayaan justru orang-orang yang sibuk, bukan pengangguran. Mengapa? Karena mereka telah terbukti sebagai orang-orang yang tunduk, jujur dan pekerja keras.

Persiapkan diri Anda bertumbuh dalam kepemimpinan supaya Tuhan bisa memakai Anda lebih lagi. Milikilah karakter prajurit, olahragawan dan petani dalam diri Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages