Kasih Yang Sempurna Melenyapkan Ketakutan


Minggu, 23 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Yohanes 4-5

1 Yohanes 4:18 (TB)  Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Pernahkah kita mengalami takut bertemu orang tua setelah melakukan kesalahan? Hampir semua orang pernah mengalaminya di waktu kecil.
Tetapi jika sungguh-sungguh mengasihi orang tua, maka kita akan mengakui kesalahan dan bersedia menerima konsekuensi atas kesalahan kita.

Dalam ayat tersebut dapat dikategorikan menjadi 2 hal, yaitu:

1. Kasih yang belum sempurna masih ada ketakutan.
Beberapa kali kita mengajak beberapa orang Kristen kembali percaya dan beribadah kepada Tuhan. Tetapi jawaban mereka belum mau karena masih belum layak alias masih berdosa. Mereka takut menerima hukuman dari Tuhan. Sebenarnya mereka tahu bahwa perbuatan mereka tidak berkenan kepada Tuhan dan mereka percaya kepada Tuhan, tetapi kasih mereka kepada Tuhan masih belum sempurna.
Berdoalah agar orang-orang yang seperti ini mendapatkan kasih yang sempurna sehingga mengalami pertobatan yang sejati.

2. Kasih yang sempurna tidak ada ketakutan.
Jika kita sungguh-sungguh mengasihi Allah, maka kita percaya walapun Ia adil yang menghukum setiap dosa tetapi Ia juga setia yang mengampuni setiap kesalahan.
1 Yohanes 1:9 (TB)  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Atas dasar kasih, ketika bersalah kita berani datang mengakui dosa dan memohon pengampunan kepada Tuhan.
Baiklah kita memohon kepada Tuhan agar Ia terus menyempurnakan kasih kita kepada-Nya sehingga hubungan kita dengan Tuhan semakin intim, seperti kasih bapa kepada anak-anaknya. Selamat beribadah dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages