Ciri-ciri Gereja Yang Kuat


Senin, 3 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Efesus 1-3

Efesus 2:19 (TB)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah.

Gereja berasal dari kata "eklesia" yang artinya dipanggil keluar (dari kehidupan dosa) dan disatukan (dalam perkumpulan orang percaya). Pelayanan gereja tidak sama dengan membuka toko di mana setiap jemaat bisa datang dan pergi sekehendak hatinya. Gereja adalah institusi yang dibangun oleh Tuhan dan mencerminkan karakter ilahi di dalamnya.

Berikut ciri-ciri gereja yang kuat berdasarkan Efesus 2:19-22:

1. Setiap jemaat adalah anggota yang komitmen.
Jemaat bukan sekedar tamu yang tanpa tugas dan fungsi dalam gereja. Dalam hal ini berlaku prinsip ikatan perjanjian, setiap jemaat terikat dalam sebuah gereja lokal, menjadi anggota dan memiliki fungsi (dampak) bagi gereja.
Efesus 2:19 (TB)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah.

2. Setiap jemaat berakar dalam Firman Tuhan.
Kekuatan sebuah bangunan sangat ditentukan oleh pondasinya. Demikian pula dalam sebuah gereja, bila jemaat berakar dalam Firman Tuhan maka gereja menjadi kuat dan tidak mudah terombang-ambing oleh berbagai angin pengajaran dan permasalahan.
Efesus 2:20 (TB)  yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

3. Gereja mengalami pertumbuhan secara kualitas dan kuantitas.
Secara kualitas gereja mengalami pertumbuhan iman, karakter dan kekudusan. Secara kuantitas mengalami pertumbuhan jumlah jiwa dan menjangkau jiwa-jiwa.
Efesus 2:21 (TB)  Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.

4. Jemaat hidup dan dipimpin oleh Roh Kudus.
Persekutuan dengan Tuhan menjadi kunci untuk membangun jemaat yang dipimpin oleh Roh Kudus. Jemaat memiliki gairah dalam doa, penyembahan dan merenungkan Firman Tuhan. Mereka menjadi pelaku Firman, mengalami pertobatan dan hidup dalam kekudusan.
Efesus 2:22 (TB)  Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

Kita tentu ingin gereja kita menjadi gereja yang kuat. Tetapi dari manakah kita memulainya? Dari Saudara dan saya ... jadilah anggota gereja yang berkomitmen, jadilah pribadi yang berakar dalam Firman Tuhan, jadilah jemaat yang mengalami pertumbuhan dan jemaat yang dipimpin oleh Roh Kudus. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages