Latihan Beribadah


Senin, 10 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tim 4-6

1 Timotius 4:8 (TB)  Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Alkitab membedakan antara latihan badani (jasmani) dengan latihan ibadah (rohani). Latihan badani adalah disiplin untuk melatih tubuh tetap sehat misalnya dengan berolah raga dan memiliki kebiasaan yang baik. Tetapi latihan badani terbatas karena hanya berguna selama kita hidup dan tidak akan dibawa sesudah mati.

Latihan ibadah adalah disiplin rohani untuk melatih manusia rohani kita tetap sehat dan memiliki kebiasaan rohani yang baik, di antaranya adalah:

1. Saat teduh
Dalam hal ini adalah berdoa, menyembah dan merenungkan Firman Tuhan. Banyak yang tidak bisa teratur saat teduh karena tidak disiplin melakukannya sebagai latihan ibadah. Secara pribadi tubuh saya ingin bangun lebih siang, tetapi secara rohani ingin bersekutu dengan Tuhan melalui saat teduh setiap pagi. Itulah sebabnya kita perlu mendisiplin tubuh jasmani agar tunduk kepada manusia rohani.

2. Beribadah di gereja
Beribadah di gereja bukan saja kebaktian di hari Minggu melainkan persekutuan melalui kelompok sel, doa bersama, pemuridan dan pelayanan yang lain. Mengapa sebagian orang melalaikan ibadah di gereja dan lebih mengutamakan kesibukan lain, pekerjaan atau dengan berbagai alasan tidak pergi ke gereja? Ya ... karena manusia rohaninya kalah bersaing dengan manusia jasmani. Dalam hal ini karena kurangnya latihan beribadah.

Setiap latihan membutuhkan disiplin, kualitas tidak akan terbentuk tanpa disiplin latihan yang kuat. Demikian pula kualitas rohani akan terbentuk jika kita memiliki disiplin rohani yang kuat untuk saat teduh dan beribadah di gereja.
Latihan beribadah berguna untuk kekuatan iman dalam menghadapi berbagai pergumulan hidup. Tetapi juga bermanfaat untuk membangun kebiasaan manusia rohani kita, sebab sesudah kita mati akan masuk ke Sorga. Agenda yang ada di Sorga hanyalah menyembah Tuhan. Bila kita sudah berlatih di dunia tentu kita tidak akan merasa asing di Sorga. Selamat bekerja dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages