Hati Nurani


Minggu, 9 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Timotius 1-3

1 Timotius 1:19 (TB)  Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka, ...

Hati nurani sering disebut dengan suara hati, hati kecil atau hati sanubari. Dalam bahasa Yunani menggunakan kata suneidesis yang berarti kesadaran moral atau pengetahuan moral. Hati nurani adalah reaksi saat tindakan, perbuatan dan perkataan yang sesuai, atau bertentangan, sebuah standar benar dan salah.

1. Hati nurani dipakai oleh Roh Kudus untuk menjaga kita dari perkataan atau perbuatan dosa.
Mazmur 16:7 (TB)  Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.
Roma 8:27 (TB)  Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

2. Mengabaikan hati nurani yang murni akan menyebabkan rasa bersalah.
Ibrani 10:22 (TB)  Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni. 

3. Menolak hati nurani secara terus-menerus akan mengakibatkan perasaan tumpul dan kebal sehingga tidak lagi rasa bersalah ketika berbuat dosa.
1 Timotius 4:1-2 (TB)  Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.

Hati nurani bagaikan alarm yang dipakai Tuhan untuk memberi peringatan kepada kita. Jangan mengabaikan atau menolak hati nurani yang murni supaya iman kita tidak kandas. Sebaliknya dengan terus mentaati suara hati nurani akan membawa hidup kita semakin berkenan kepada Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages