Fokus Pada Pertandingan


Rabu, 5 Desember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Filipi 1-4

Filipi 3:13-14 (TB)  Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Pernahkah Anda melihat seorang pelari yang tidak serius dalam bertanding? Atau pembalap F1 / Motor GP yang asal-asalan dalam bertanding? Baik pelari maupun pembalap yang profesional akan menjadi pertandingan dengan fokus untuk meraih kemenangan. Kehidupan kita di dunia bagaikan seorang pelari yang sedang berlomba di lintasan lari. Bagaimana seharusnya sikap kita dalam pertandingan ini?

1. Lupakan yang telah lalu
Masa lalu kita mungkin berupa kesuksesan atau kegagalan. Banyak atlit yang sukses mencapai prestasi tertinggi kemudian terlena, merasa puas sehingga tidak lagi memiliki semangat kompetisi, akibatnya ia gagal dalam pertandingan selanjutnya. Atau juga kegagalan demi kegagalan telah mengubur asa untuk mencapai sukses.
Jangan hidup di masa lalu, lupakan semua yang telah terjadi, jangan lagi membebani hidup kita hari ini dan hari esok.

2. Mengarahkan diri kepada masa depan.
Fokuslah kepada masa depan, berlatih dengan baik dan persiapkan setiap pertandingan. Miliki tekad untuk meraih prestasi (termasuk secara rohani). Miliki optimisme yang tinggi bahwa masa depan kita adalah masa depan yang cerah. Secara rohani marilah kita menjalankan ibadah dan pelayanan untuk menyiapkan masa depan rohani.
1 Timotius 4:8 (TB)  Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

3. Berlari-lari kepada tujuan.
Fokus pada tujuan artinya memusatkan perhatian, pikiran, tenaga dan seluruh kemampuan untuk mencapai tujuan. Bila dalam arti rohani tujuan kita adalah sorga. Kristus telah memberi kita tiket ke Sorga, oleh sebab itu tetap fokus dan jangan tergoda oleh dunia yang secara daging kelihatan enak tetapi membelokkan arah perjalanan kita. Kata "berlari-lari" juga berarti sungguh-sungguh, berlomba menjadi yang terbaik sampai kepada tujuan.

2 Timotius 4:7 (TB)  Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Pesan dari renungan kita hari ini: apakah kita sudah fokus pada pertandingan iman kita? Singkirkan segala sesuatu yang membuat kita tidak fokus dan menjauhkan diri dari tujuan Allah. Marilah kita meneladani sikap Paulus, mengakhiri pertandingan yang baik, mencapai garis akhir dan memelihara iman. Tuhan Yesus memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages