Menunggu Tuhan

Jumat, 5 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 7-9

Amsal 8:34 (TB)  Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku. 

Bila kita membaca Amsal 8, maka kita akan mengerti bahwa "aku" yang disebut adalah Tuhan Yesus sekalipun tidak diawali dengan huruf besar. Penjelasan ayat demi ayat menyiratkan tentang Tuhan Yesus. Dua ayat di bawah ini menegaskan bahwa sebelum dunia diciptakan, Tuhan Yesus telah ada.

Amsal 8:22 (TB)  TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala. 

Yohanes 1:1-3 (TB)  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Ada dua pesan yang dapat kita pelajari dari Amsal 8:34

1. Diberkatilah orang yang mendengarkan Firman Tuhan.

Kata "berbahagialah" sesungguhnya adalah diberkatilah. Setiap orang yang mendengarkan dan melakukan firman Tuhan maka hidupnya akan diberkati.

Mazmur 1:2-3 (TB)  tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. 
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. 

2. Diberkatilah orang yang menantikan Tuhan.

"Menunggu pada pintuku" menggambarkan orang yang berinisiatif mencari Tuhan. Maka ia akan mendapatkan kehidupan dan kekuatan yang baru setiap hari.

Amos 5:4 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!"

Yesaya 40:31 (TB)  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 

Setiap hari yang diciptakan Tuhan akan menjadi lebih baik bila kita mengawali dengan mencari Tuhan dan mengisinya dengan melakukan firman Tuhan. Kita akan menerima berkat kehidupan dan kekuatan yang baru setiap hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages