Hati Yang Teguh


Sabtu, 27 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 25-27

Yesaya 26:3 (TB)  Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. 

Suasana hati mempengaruhi perkataan dan perilaku seseorang. Hati yang galau, kuatir, takut, cemas dan ragu adalah hati yang tidak teguh. Orang yang hatinya tidak teguh akan mudah jatuh dan putus asa.

Lalu apa artinya hati yang teguh?

Yesaya 26:3 (BIMK)  TUHAN, Engkau memberi damai dan sejahtera kepada orang yang teguh hatinya, sebab ia percaya kepada-Mu. 

Yesaya 26:3 (FAYH)  Semua orang yang percaya kepada-Nya akan tetap memiliki damai yang sempurna, yaitu semua orang yang hatinya tertuju kepada TUHAN!

Berdasarkan firman Tuhan tersebut, hati yang teguh adalah:

1. Hati yang percaya kepada Tuhan.

Orang yang teguh hatinya menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya pengharapan dan sandaran hidupnya. Ia tidak mendua hati sehingga mengalami damai sejahtera dan ketenangan dalam menghadapi segala sesuatu.

Yakobus 1:8 (TB)  Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya. 

Jangan mendua hati, percayalah hanya kepada Tuhan sebagai satu-satunya sumber kekuatan dan pertolongan dalam kehidupan.

Mazmur 28:7 (TB)  TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya. 

2. Hati yang tertuju kepada Tuhan.

Tuhan adalah fokus dan tujuan hidupnya. Sekalipun banyak masalah terjadi, orang yang teguh hatinya akan memandang kepada Tuhan. Ia tidak memandang masa lalu tetapi memandang kepada panggilan Tuhan.

Filipi 3:13-14 (TB)  Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Orang yang teguh hatinya akan senantiasa hidup dalam kebenaran yaitu berpegang dan melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Mazmur 26:3 (TB)  Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu. 

Efesus 4:14-15 (TB)  sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Bagi setiap orang yang hatinya teguh yaitu yang percaya dan tertuju kepada Tuhan, terimalah damai sejahtera dalam segala keadaan. Maka kita akan menikmati kebaikan dan kemurahan Tuhan seumur hidup kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages