Kebencian vs Kasih

Sabtu, 6 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 10-12

Amsal 10:12 (TB)  Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran. 

Amsal 10:12 (FAYH)  Kebencian membangkitkan pertengkaran, tetapi kasih memaafkan penghinaan.

Apa yang selalu dikatakan dan diperbuat seseorang menunjukkan siapa dirinya. Jika ia selalu menyatakan kekesalan, ketidakpuasan, kemarahan dan kekecewaan ... sesungguhnya benih kebencian dalam dirinya sedang bertumbuh. Jika dibiarkan maka akan menghasilkan buah yaitu pertengkaran.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tidak menanggapi setiap pernyataan dan perkataan yang bernada kebencian. Maka orang tersebut bagaikan gelap di tengah-tengah terang yang tidak ada artinya sama sekali.

Sebaliknya bila seseorang memiliki kasih maka ia akan memaklumi, menerima dan memaafkan kesalahan atau kekurangan orang lain. Sikap yang demikian akan menimbulkan ketenteraman dalam hubungan. Kasih bagaikan terang di tengah kegelapan yang akan menerangi keadaan di sekitarnya. Orang akan melihat kita memiliki kasih yaitu bila kita memaafkan kesalahan atau pelanggaran.

Dunia yang diisi dengan kebencian akan hancur, tetapi yang dibangun dengan kasih akan penuh dengan sukacita dan damai sejahtera.
Keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa membutuhkan kasih bukan kebencian. Mari kita membangun hubungan dengan sesama berlandaskan kasih. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages