Hidup Dalam Waktu Tuhan


Sabtu, 13 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Pengkotbah 1-3

Pengkhotbah 3:2 (TB)  Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam;

Segala sesuatu yang akan terjadi adalah misteri, manusia hanya bisa memprediksi tetapi kepastiannya ada di tangan Tuhan.

1. Tuhan menentukan kelahiran dan kematian.

Pengkhotbah 3:2 (BIMK)  Allah menentukan waktu untuk melahirkan dan waktu untuk meninggal, waktu untuk menanam dan waktu untuk mencabut, 

Mengapa kita lahir ke dunia? Mengapa kita lahir pada tahun dan waktu tertentu? Semua jawabannya adalah atas penentuan Tuhan. Tentang kelahiran lebih banyak orang bersuka karenanya. Tetapi tentang kematian untuk sesaat banyak orang berduka atas kematian seseorang. Mengapa Tuhan memanggil dalam waktu yang cepat? Semua jawabannya juga ada dalam rencana Tuhan. 

Sebab itu marilah kita hidup dalam penyerahan kepada Tuhan. Biarlah Tuhan yang merencanakan, mengatur dan berkarya dalam hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya.

2. Ada waktu untuk menanam dan ada waktu untuk menuai.

Pengkhotbah 3:2 (FAYH)  Ada waktu untuk dilahirkan; Ada waktu untuk mati; Ada waktu untuk menanam; Ada waktu untuk menuai;

Seorang petani memiliki pengharapkan akan menuai apa yang telah ditaburnya.

2 Timotius 2:6 (TB)  Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya. 

Seseorang yang berpengharapan akan menuai tidak akan menjadi lemah atau putus asa ketika datang kesulitan dan masalah dalam hidupnya.

- Suami istri yang membangun rumah tangganya berpengharapan rumah tangganya bahagia dan diberkati Tuhan.

- Orang tua yang merawat dan mendidik anaknya berpengharapan anaknya kelak menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya.

- Seorang pekerja yang bekerja keras berpengharapan karirnya atau usahanya akan berhasil di kemudian hari.

- Seorang pelayan Tuhan berpengharapan pelayanannya akan diberkati.

- Seorang murid yang rajin belajar berpengharapan studinya akan berhasil dan sukses dalam karir di masa mendatang.

Singkatnya segala yang telah ditabur akan dituai bila seseorang hidup dalam kesetiaan.

Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Marilah kita merenungkan dan menyadari waktu ada di tangan Tuhan. Baik hidup dan mati, menanam maupun menuai semua dalam waktu Tuhan. Tugas kita adalah hidup dalam kesetiaan dan penyerahan diri kepada Tuhan. Mari kita hidup dalam waktu Tuhan. Dia mengijinkan segala sesuatu terjadi dalam hidup kita yang terbaik sesuai rencana-Nya. Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages