Mencintai Uang?



Minggu, 14 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Pengkotbah 4-6

Pengkhotbah 5:9 (TB) Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia.

Uang adalah alat yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan uang manusia bisa membeli segala yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidupnya. Tetapi firman Tuhan mengingatkan bagaimana sikap kita terhadap uang yaitu agar jangan mencintai uang dan jangan mencintai kekayaan.

Mengapa kita tidak boleh mencintai uang?

1. Mencintai uang akan membawa hidup kita kepada kejahatan.

1 Timotius 6:10 (TB)  Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Ada orang-orang yang karena cinta uang melakukan kejahatan demi mendapatkannya. Ada yang mencuri, menipu, merampas, korupsi, berjudi, menjual diri, menjadi mucikari, menjual barang-barang haram dan sebagainya.

Akibat dari segala perbuatan dosa adalah penderitaan dan berbagai-bagai duka. Ada yang menjadi sakit, keluarga hancur, masa depan hancur, ada yang menjadi terpidana dan yang jelas tidak ada damai sejahtera dalam hidupnya.

2. Mencintai uang akan membawa hidup kita meninggalkan Tuhan.

Dalam 1 Timotius 6:10, cinta uang juga menyebabkan seseorang menyimpang dari iman. Mereka getol mencari uang tetapi meninggalkan Tuhan sebagai sumber hidup mereka. Uang telah menjadi "tuhan" bagi mereka.

Tuhan Yesus mengingatkan agar kita tidak mencintai mamon (uang dan kekayaan).

Lukas 16:13 (TB)  Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Ada yang karena cinta uang melanggar kebenaran firman Tuhan, meninggalkan ibadah bahkan menjual imannya demi mendapatkan uang dan kekayaan.

Marilah pagi ini kita instrospeksi diri apa/siapa yang kita cintai dalam hidup: apakah mencintai uang atau mencintai Tuhan?

Markus 12:30 (TB)  Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Mencintai uang akan membawa hidup kita kepada kesia-siaan tetapi mencintai Tuhan akan membawa hidup kita kepada kekekalan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages