Dua Permohonan Kepada Tuhan

Jumat, 12 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 28-31

Amsal 30:7-9 (TB)  Dua hal aku mohon kepada-Mu, jangan itu Kautolak sebelum aku mati, yakni: 
Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. 
Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku. 

Amsal 30:7-9 (BIMK)  "Ya Allah, aku mohon sebelum aku mati, berikanlah kepadaku dua hal ini. 
Jangan sampai aku mengucapkan kata-kata curang dan dusta, dan jangan biarkan aku miskin atau kaya. Berikanlah kepadaku hanya apa yang kuperlukan. 
Sebab, apabila aku kaya, mungkin aku akan berkata bahwa aku tidak memerlukan Engkau. Dan jika aku miskin, mungkin aku akan mencuri sehingga mencemarkan nama-Mu." 

Ada 2 permohonan yang disampaikan penulis Amsal kepada Tuhan.

1. Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan.

Atau dalam terjemahan BIMK, "Jangan sampai aku mengucapkan kata-kata curang dan dusta".

Dalam hal ini menjaga perkataan kita agar senantiasa kudus dan benar. 

Matius 5:37 (TB)  Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Pemicu seseorang berkata-kata curang atau dusta adalah niat hati yang jahat dan keadaan yang buruk atau terdesak. Sebab itu marilah kita selalu menjaga hati nurani tetap kudus, jangan bergaul dengan orang-orang yang suka curang dan berbohong.

Amsal 14:5 (TB)  Saksi yang setia tidak berbohong, tetapi siapa menyembur-nyemburkan kebohongan, adalah saksi dusta. 

Amsal 20:19 (TB)  Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut. 

2. Jangan biarkan aku miskin atau kaya.

Penulis Amsal menjelaskan maksudnya yaitu "Berikanlah kepadaku hanya apa yang kuperlukan."

Mengapa demikian?
Sebab, apabila aku kaya, mungkin aku akan berkata bahwa aku tidak memerlukan Engkau. Dan jika aku miskin, mungkin aku akan mencuri sehingga mencemarkan nama-Mu.

Mungkin ada di antara kita dalam keadaan miskin, pesannya "jangan mencuri sehingga mencemarkan nama Tuhan". Atau ada yang kaya raya, pesannya "jangan berkata aku tidak membutuhkan Tuhan" ... kekayaanku adalah tuhanku.

Marilah kita menerima, mensyukuri dan menikmati apa yang Tuhan berikan kepada kita saat ini. Jangan bertindak bodoh karena keadaan miskin atau jangan bertindak sombong karena kaya. Harta di dunia adalah sementara, tetapi harta yang kekal adalah Tuhan sendiri, sumber segala kehidupan kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages