Menguasai Diri

Senin, 8 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 16-18

Amsal 16:32 (TB)  Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota. 

Kunci kemenangan dalam menghadapi berbagai situasi adalah menguasai diri dan sabar dalam menanggung segala perkara. Sabar dan menguasai diri adalah buah Roh Kudus.

Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 
kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Kita harus terus-menerus tunduk kepada Tuhan dan belajar untuk menguasai diri baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Paulus menggambarkan bahwa penguasaan diri adalah kunci kemenangan bagi seorang Kristen.

1 Korintus 9:27 (TB)  Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Salah satu bagian anggota tubuh yang membutuhkan penguasaan ekstra adalah lidah.

Yakobus 3:2 (TB)  Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Sebab itu marilah kita senantiasa tinggal dalam persekutuan dengan Tuhan agar kita dimampukan untuk mengendalikan pikiran, perkataan dan perbuatan kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages