Hidup Oleh Iman

 



Minggu, 1 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Habakuk 1-3


Habakuk 2:4 (TB)  Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya. 


Habakuk 2:4 (BIMK)  Dan ingatlah: Orang yang jahat tidak akan selamat, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah akan hidup karena kesetiaannya kepada Allah."


Kehidupan kita setiap hari selalu dihadapkan kepada dua pilihan yaitu menjadi orang jahat atau menjadi orang benar. Orang jahat kehidupannya jauh dari Tuhan, segala yang dilakukan semata-mata untuk kesenangan duniawi bahkan melanggar perintah Tuhan menjadi kebiasaan sehari-hari. Sedangkan orang benar hidup dalam persekutuan dengan Tuhan, melakukan kehendak Tuhan dengan setia dan selalu berusaha bagaimana menyenangkan hati Tuhan. Akhir dari keduanya, orang jahat tidak akan selamat tetapi orang benar akan tetap hidup.


Apa arti hidup oleh iman?

1. Menjalani kehidupan dengan percaya kepada karya dan pengorbanan Tuhan Yesus untuk menyelamatkan kita.

2. Hidup bukan berdasarkan oleh penglihatan jasmani tetapi berdasarkan janji Tuhan yang kekal.


Paulus memberi teladan bagaimana hidup oleh iman, sekalipun mengalami kesesakan dan aniaya karena memberitakan Injil, namun ia tetap tabah dan tidak menyerah.


2 Korintus 5:6-9 (TB)  Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan,

— sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat — 

tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. 

Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.


Hidup oleh iman memang tidak mudah, tetapi setiap orang yang percaya kepada Tuhan dan hidup dalam kehendak-Nya akan selalu mendapatkan kekuatan dan jalan keluar. Haleluya, selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages