Bernubuat Sesuka Hati

 



Minggu, 3 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 13-15


Yehezkiel 13:2 (TB)  "Hai anak manusia, bernubuatlah melawan nabi-nabi Israel, bernubuatlah dan katakanlah kepada mereka yang bernubuat sesuka hatinya saja: Dengarlah firman TUHAN! 


Dalam kitab Yehezkiel 13 berisi peringatan dan hukuman kepada nabi-nabi palsu yaitu mereka yang bernubuat sesuka hati dengan mengatasnamakan Tuhan.


Ciri dari nubuat palsu adalah:


1. Berasal dari keinginan / bisikan hati sendiri bukan berasal dari Roh Kudus


Yehezkiel 13:3 (TB)  Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah nabi-nabi yang bebal yang mengikuti bisikan hatinya sendiri dan yang tidak melihat sesuatu penglihatan.


2. Berisi kebohongan


Yehezkiel 13:6 (TB)  Penglihatan mereka menipu dan tenungan mereka adalah bohong; mereka berkata: Demikianlah firman TUHAN, padahal TUHAN tidak mengutus mereka, dan mereka menanti firman itu digenapi-Nya. 


Pada umumnya pribadi yang bernubuat palsu hidup menuruti agenda pribadi, bukan agenda Tuhan. Ada motivasi tertentu dalam bernubuat tanpa seturut kehendak Tuhan. Bisa jadi karena mengejar karunia rohani, mendapatkan pengaruh, pengakuan, kekayaan atau jabatan. 


Sebagai gereja Tuhan yang seimbang kita percaya pelayanan nubuat atau kenabian masih terjadi saat ini sampai kepada akhir zaman. Sebab nabi-nabi adalah salah satu jawatan yang Tuhan berikan kepada gereja-Nya untuk mendewasakan jemaat melalui pelayanan nubuatan.


Efesus 4:11-12 (TB)  Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus.


Tetapi ada satu syarat dalam pelayanan kenabian baik sebagai nabi yang menyampaikan pesan nubuat maupun jemaat yang menerima pesan nubuat yaitu menguji apakah nubuat tersebut sesuai firman Tuhan. Nubuat palsu terkesan spektakuler, tetapi ketika diuji dengan firman Tuhan tidak mengandung kebenaran yang sejati.


1 Tesalonika 5:19-21 (TB)  Janganlah padamkan Roh, 

dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat. 

Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. 


Jangan padamkan pekerjaan Roh Kudus dalam karunia nubuat, jangan menjadi tidak percaya kepada nubuat, tetapi ujilah apakah sesuai dengan firman Tuhan. Bila sesuai dengan firman Tuhan peganglah sebagai suara Tuhan yang berbicara bagi kita. Haleluya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages