Bermasalah Dengan Tuhan

 



Selasa, 19 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 4-6


Hosea 4:1 (TB)  Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini. 


Seperti hubungan dengan orang lain, hubungan dengan Tuhan juga bisa mengalami masalah. Kalimat "mempunyai perkara" dalam ayat tersebut bisa berarti mempunyai masalah". 

Dalam hal apa saja hubungan kita dengan Tuhan mempunyai masalah?


1. Tidak ada kesetiaan.


Ini memiliki arti tidak sungguh sungguh mengikut Tuhan, menduakan Tuhan, meninggalkan Tuhan, hidup secara duniawi (mengikuti keinginan daging), percaya kepada illah lain dan melanggar atau tidak taat kepada perintah Tuhan. 


Yakobus 4:4 (TB)  Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.


2. Tidak ada kasih.


Ini memiliki arti hubungan dengan Tuhan hanya agamawi, lahiriah atau tidak bersumber dari hati. Fenomena ini banyak terjadi di masa kini yaitu banyak jemaat telah kehilangan kasih yang mula-mula. Mereka meninggalkan ibadah atau secara fisik beribadah tetapi hati dan pikirannya tidak sungguh-sungguh berpaut kepada Tuhan. Bahkan ibadah hanya menjadi kedok padahal hidup dalam dosa dan kenajisan.


2 Timotius 3:5 (TB)  Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!


Wahyu 2:4-5 (TB)  Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.


3. Tidak ada pengenalan akan Allah.


Ini terjadi apabila tidak memiliki persekutuan dengan Allah dan firman-Nya. Oleh sebab itu marilah kita mendisiplin diri dalam ibadah, saat teduh, membaca dan merenungkan firman serta melakukannya.


Hosea 4:6 (TB)  Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu. 


Banyak orang tanpa sadar memiliki masalah dengan Tuhan. Apabila ada hal-hal ini yaitu tidak setia, tidak memiliki kasih kepada Tuhan dan tidak membangun gaya hidup yang mengenal Tuhan maka sesungguhnya kita memiliki masalah dengan Tuhan. Sebab itu bersikaplah dan bertindaklah dengan setia, penuh kasih dan pengenalan kepada Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages