Setia Sampai Akhir

 



Senin, 18 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 1-3


Hosea 1:1 (TB)  Firman TUHAN yang datang kepada Hosea bin Beeri pada zaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, dan pada zaman Yerobeam bin Yoas, raja Israel.


Berikut lama pemerintahan raja-raja Yehuda dan Israel yang disebutkan dalam ayat tersebut:

1. Raja Yotam bin Uzia memerintah Yehuda selama 16 tahun (2 Raja 15:32-33).

2. Raja Ahas bin Yotam memerintah Yehuda selama 16 tahun (2 Raja 16:1-2).

3. Raja Hizkia bin Ahas memerintah Yehuda selama 29 tahun (2 Raja 18:1-2)

4. Raja Yerobeam bin Yoas memerintah Israel selama 41 tahun (2 Raja 14:23)


Bila dijumlahkan lama pelayanan nabi Hosea dalam menyampaikan firman Tuhan kepada raja Yehuda adalah 61 tahun dan kepada raja Israel adalah 41 tahun. Sungguh merupakan perjalanan pelayanan yang sangat lama.


Apa yang dapat kita pelajari dari firman Tuhan tersebut?


1. Kesetiaan kepada Tuhan.


Hosea setia kepada Tuhan sepanjang umur hidupnya. Ia tidak menyimpang dari panggilan Tuhan dan tidak terpengaruh oleh kebiasaan buruk bangsa Yehuda maupun Israel yang suka memberontak kepada Tuhan.


2. Kesetiaan dalam pelayanan.


Hosea menyampaikan firman Tuhan pada zaman raja-raja Yehuda selama 61 tahun dan zaman raja-raja Israel selama 41 tahun adalah waktu yang sangat lama.

Ada orang-orang yang melayani Tuhan tetapi tidak sampai akhir hidupnya. Ada yang awal mulanya giat melayani, tetapi tak berapa lama atau di pertengahan jalan berhenti karena beberapa sebab. Di sini kita dimotivasi untuk tetap setia melayani Tuhan, apapun halangan dan tantangan yang kita hadapi. Selama kita hidup adalah kesempatan untuk tetap setia melayani Tuhan.


2 Timotius 4:7-8 (TB)  Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.


Hari ini kita belajar untuk setia sampai akhir, setia kepada Tuhan dan setia melayani di Rumah Tuhan. Kelak kita akan menerima mahkota kebenaran yang disediakan Tuhan bagi setiap orang yang percaya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages