Firman Tuhan Pasti Terjadi

 



Sabtu, 2 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 10-12


Yehezkiel 12:28 (TB)  Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak satu pun dari firman-Ku akan ditunda-tunda. Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH." 


Secara umum kita percaya bahwa ketika Tuhan berfirman, maka pasti terjadi. Bumi dan segala makhluk hidup diciptakan melalui firman Tuhan dan semuanya langsung terjadi. 

Tetapi bagaimanakah bila firman Tuhan datang dalam kehidupan kita? Seringkali seseorang merasa dan percaya kepada firman Tuhan, setelah menunggu sekian lama mengapa firman Tuhan belum digenapi?


Menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa hal yang perlu kita renungkan.


1. Firman Tuhan yang kita terima.


Apakah yang kita terima sungguh firman Tuhan atau keinginan diri sendiri? Bila firman Tuhan disampaikan oleh orang lain, apakah pengertiannya sudah sesuai dengan Alkitab? Apakah ayat firman Tuhan yang kita terima untuk diri kita atau orang lain? Apakah kita sungguh-sungguh percaya ketika menerima firman Tuhan atau hanya sebatas tahu?


Beragam pertanyaan di atas sesungguhnya diperlukan untuk memastikan bahwa yang kita terima adalah kehendak Tuhan atas hidup kita, dengan pengertian yang benar dan kita sungguh-sungguh beriman. Segala yang tidak sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan tidak akan terjadi. Tetapi segala yang sesuai dengan rencana Tuhan pasti terjadi.


2. Waktu Tuhan menggenapi firman-Nya.


Waktu menurut pemikiran kita berbeda dengan waktu dalam rencana Tuhan. Bila kita seringkali merasa Tuhan lambat dalam menggenapi firman-Nya, tetapi Tuhan memiliki waktu yang tepat atau terbaik dalam menggenapi firman-Nya dalam hidup kita.


1 Petrus 5:6 (TB)  Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. 


Dalam menggenapi firman-Nya seringkali Tuhan menunggu kesiapan kita. Bukan Tuhan lalai atau mengukur-ulur waktu, tetapi waktu penggenapan firman Tuhan adakah waktu yang paling tepat sesuai rencana Tuhan.


2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 


Dalam menantikan penggenapan firman Tuhan dibutuhkan 2 sikap yaitu:

1. Percaya

2. Sabar

Jangan menjadi lemah ketika merasa firman Tuhan belum terjadi dalam hidup kita. Tetaplah percaya dan bersabar sebab firman Tuhan pasti terjadi dalam hidup kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages