Memperbaharui Hati dan Roh

 



Senin, 4 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 16-18


Yehezkiel 18:31 (TB)  Buangkanlah dari padamu segala durhaka yang kamu buat terhadap Aku dan perbaharuilah hatimu dan rohmu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?


Tuhan tidak menghendaki kematian rohani anak-anak-Nya. Kematian rohani yang dimaksud adalah terputusnya hubungan dengan Tuhan.

Oleh sebab itu Tuhan memberi pesan dalam ayat tersebut.


1. Lahir baru


"Buangkanlah dari padamu segala durhaka yang kamu buat terhadap Aku."


Kalimat tersebut dalam Yehezkiel 18:31, menunjukkan kehidupan lahir baru atau lahir kembali, yaitu pertobatan awal pada waktu menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Ciri seorang yang lahir baru adalah membuang segala dosa dan kejahatan dalam dirinya.


2. Pertobatan


"Perbaharuilah hatimu dan rohmu!" 


Kalimat tersebut dalam Yehezkiel 18:31 menunjukkan pertobatan secara terus-menerus setiap hari. Dalam proses pertobatan disertai dengan pembaharuan hati dan roh sehingga semakin hari semakin kudus dan berkenan kepada Tuhan.


Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.


Pembaharuan hati dan roh harus diawali dengan lahir baru. Tanpa lahir baru pertobatan hanyalah semu, yang akan terus mengalami jatuh bangun dalam dosa sehingga tidak mengalami pertumbuhan rohani dan kekudusan hidup.


Efesus 4:22-23 (TB)  yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, 

supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu.


Cara untuk memperbaharui hati dan roh adalah melalui persekutuan dengan Tuhan dan firman-Nya.

Marilah kita merenungkan kehidupan kita masing-masing, sudahkah kita mengalami lahir baru dan meninggalkan segala kehidupan dosa? Sudahkah kita terus-menerus mengalami pembaharuan hati dan roh kita melalui pekerjaan Roh Kudus? Jadilah pribadi yang terus mengalami pertumbuhan dan kedewasaan rohani. Haleluya, selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages