Memberi Dampak Yang Baik

 



Minggu, 24 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Amos 4-6


Amos 5:15 (TB)  Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan di pintu gerbang; mungkin TUHAN, Allah semesta alam, akan mengasihani sisa-sisa keturunan Yusuf. 


Sistem dunia yang berdosa, darah dan daging kita yang terkandung dosa seringkali menjadi penghalang bagi kita dalam melakukan hal yang baik.


Roma 7:19 (TB)  Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.


Namun demikian kenyataan tersebut bukan menjadi alasan pembenaran untuk melakukan yang jahat dan tidak melakukan yang baik.


Berdasarkan Amos 5:15, ada tiga nasihat yang bisa kita renungkan, yaitu:


1. Membenci perbuatan jahat.


Sesuatu yang kita benci pasti akan kita hindari dan tidak akan kita lakukan. Demikianlah Tuhan menghendaki kita untuk membenci dosa yaitu perbuatan yang jahat.


Mazmur 34:15 (TB) jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya! 


2. Mencintai yang baik.


Baik yang dimaksud adalah benar dalam pandangan Tuhan. Bila didasari oleh rasa cinta maka kita bisa melakukan kebaikan dengan tulus, setia dan konsisten. Mencintai yang baik dimulai dari memikirkan yang baik, berkata-kata yang baik serta melakukan yang baik.


Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 


3. Menegakkan keadilan


Menegakkan keadilan artinya tidak kompromi dan memegang teguh prinsip-prinsip keadilan. Jika dunia menjual nilai keadilan dengan uang dan jabatan, maka kita dipanggil untuk menegakkannya dengan kasih dan ketulusan.


1 Tesalonika 5:14 (TB)  Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.


Dengan melakukan ketiga hal tersebut sesungguhnya kita melakukan panggilan Tuhan memberi dampak yang baik sehingga terjadi perubahan positif di mana Tuhan menempatkan kita. Dampaknya adalah belas kasih, pengampunan dan pemulihan dari Tuhan akan dinyatakan bagi lingkungan di sekitar kita. Pastikan kita membenci yang jahat, mencintai yang baik serta menegakkan keadilan.  Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages