Jangan Mencari Musuh

 



Minggu, 7 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 25-27


2 Tawarikh 25:17 (TB)  Kemudian Amazia, raja Yehuda, mengadakan perundingan, lalu menyuruh orang kepada Yoas bin Yoahas bin Yehu, raja Israel, mengatakan: "Mari kita mengadu tenaga!"


Amazia, raja Israel mengalami kemenangan besar atas orang-orang Edom. Maka ia menjadi tinggi hati dan merasa paling kuat. Sebab itu ia menantang Yoas, raja Israel untuk berperang. Raja Israel menyanggupi tantangan Amazia.


2 Tawarikh 25:18-19 (TB)  Tetapi Yoas, raja Israel, menyuruh orang kepada Amazia, raja Yehuda, mengatakan: "Onak yang di gunung Libanon mengirim pesan kepada pohon aras yang di gunung Libanon, bunyinya: Berikanlah anakmu perempuan kepada anakku laki-laki menjadi isterinya. Tetapi binatang-binatang hutan yang ada di gunung Libanon itu berjalan lewat dari sana, lalu menginjak onak itu.

Pikirmu, engkau sudah mengalahkan Edom, sebab itu hatimu mengangkat-angkat dirimu untuk mendapat kehormatan. Sekarang, tinggal saja di rumah. Untuk apa engkau menantang malapetaka, sehingga engkau jatuh dan Yehuda bersama-sama engkau?" 


Peperangan tak dapat dielakkan, akhirnya  Amazia mengalami kekalahan. Segala perkakas emas di dalam rumah Allah dan istananya dirampas oleh orang Israel.


Akhir-akhir ini banyak video yang viral tentang kekerasan, pengemudi yang arogan yang mengajak kebut-kebutan, mengancam dengan senjata tajam, berkelahi, membully orang lain dan sebagainya. Mungkin mereka merasa lebih kuat dan lebih hebat sehingga bertindak arogan dan mencari musuh. Sebenarnya apa sih untungnya mencari musuh? Bukankah lebih baik mencari teman dan hidup dalam perdamaian?


Roma 12:18 (TB)  Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 


Ibrani 12:14 (TB)  Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.


Pelajaran hari ini: janganlah mencari gara-gara, janganlah mencari musuh. Sebaliknya hiduplah dalam ketenteraman dan perdamaian dengan semua orang.

Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages