Hormat Kepada Firman Tuhan

 



Selasa, 16 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 7-9


Nehemia 8:6 (TB) Ezra membuka kitab itu di depan mata seluruh umat, karena ia berdiri lebih tinggi dari semua orang itu. Pada waktu ia membuka kitab itu semua orang bangkit berdiri.


Sikap hormat yang ditunjukkan dengan bangkit berdiri merupakan protokol resmi ketika datang seorang raja atau orang yang layak dihormati dan dituakan. Pada saat Ezra membuka Kitab Taurat di depan mata seluruh umat, semua orang yang hadir bangkit berdiri. Ini menunjukkan mereka memberi hormat kepada kitab yang isinya adalah firman Tuhan. Kita meniru penghormatan kepada firman Tuhan bukan sebatas tata cara dalam ibadah melainkan memahami esensinya.


Penghormatan yang kita berikan kepada firman Tuhan pada masa kini bukanlah secara fisik dengan bangkit berdiri melainkan dengan sungguh-sungguh mendengarkan dan melakukan firman Tuhan.


1. Pada saat firman Tuhan diberikan fokus dan berkonsentrasi penuh untuk menangkap firman Tuhan.

Jangan kompromi dengan aktifitas yang mengalihkan konsentrasi seperti membuka aplikasi handphone selain Alkitab, ngobrol dengan teman atau pikiran membayangkan sesuatu yang lain. Firman Tuhan mewakili Tuhan sendiri ketika sedang berbicara kepada kita.


2. Wujud memberi penghormatan kepada firman Tuhan adalah dengan melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya meremehkan, mengingkari firman Tuhan adalah sikap yang tidak menghargai firman Tuhan. 


Yakobus 1:22 (TB)  Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.


Marilah kita memberi hormat kepada firman Tuhan dengan sikap yang benar yaitu fokus mendengar dan melakukan dalam kehidupan sehari-hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages