Ramah Terhadap Tuhan

 



Minggu, 28 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 22-24


Ayub 22:21 (TB)  Berlakulah ramah terhadap Dia, supaya engkau tenteram; dengan demikian engkau memperoleh keuntungan. 


Arti kata ramah menurut KBBI adalah baik hati dan menarik budi bahasanya; manis tutur kata dan sikapnya; suka bergaul dan menyenangkan dalam pergaulan. Orang yang ramah memiliki banyak teman dan disukai orang-orang. Orang yang ramah selalu memulai atau inisiatif untuk menyapa orang lain. Orang yang ramah tidak memiliki musuh sehingga hidupnya menjadi tenteram. Karakter atau sifat ramah harus selalu dikembangkan dalam diri agar mendatangkan kebaikan dalam hubungannya dengan orang lain.


Dalam ayat tersebut memberikan nasehat agar kita ramah terhadap Tuhan. Apa saja yang dapat kita pelajari?


1. Selalu memulai inisiatif dalam berkomunikasi dengan Tuhan.


Dalam hubungan dengan Tuhan selalu aktif dalam aktifitas rohani bersama Tuhan. Antara lain selalu berdoa dalam segala sesuatu, selalu mengucap syukur, selalu memuji dan menyembah Tuhan serta mempelajari firman-Nya. Ini semua menjadi gaya hidup dan bukan menjadi beban dalam melakukannya. Bukan melakukan karena disuruh atau karena program tetapi keluar dari isi hati setiap hari sehingga menjadi karakter.


2. Ramah dengan Tuhan mendatangkan ketentraman.


Semua masalah dan pergumulan hidup yang diceritakan kepada Tuhan akan mengurangi beban yang dipikul sendiri. Sebab Tuhan mendengar, turut merasakan dan memikul beban hidup kita. Maka kita akan mendapatkan kelegaan dan ketentraman sekalipun tidak ada jaminan semua masalah selesai dengan sempurna. Setidaknya ada damai sejahtera dalam hati ketika sudah menyerahkan semua masalah ke dalam tangan Tuhan.


Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.


3. Ramah kepada Tuhan akan mendatangkan keuntungan.


Keuntungan yang didapat selain ketentraman adalah keuntungan. Apa maksudnya? Bila seorang ramah terhadap orang lain akan memiliki banyak teman yang mau menolong dan memiliki banyak peluang untuk berhasil.

Demikian pula bila kita ramah dengan Tuhan akan selalu mengalami belas kasihan dari Tuhan, pintu-pintu berkat dan mujizat akan terbuka sehingga mendatangkan keuntungan.


Salah satu kendala menjadi ramah adalah sifat pasif yang sudah lama melekat dalam diri seseorang. Tetapi semua ini bisa diubahkan apabila ada kerinduan dan kemauan. Sebab Tuhan bisa mengubahkan sifat-sifat seseorang bila ia mau bekerja sama dengan Tuhan. Yang terpenting kembangkanlah sifat yang ramah kepada Tuhan dengan selalu memulai dan mengembangkan persekutuan dan komunikasi dengan Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages