Lempar Batu Sembunyi Tangan

 



Senin, 15 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 4-6


Nehemia 6:12 (TB)  Karena kuketahui benar, bahwa Allah tidak mengutus dia. Ia mengucapkan nubuat itu terhadap aku, karena disuap Tobia dan Sanbalat.


Tobia dan Sanbalat adalah orang-orang yang selalu menghalangi pembangunan tembok Yerusalem. Beberapa usahanya selalu gagal sehingga ia menyuap Semaya bin Delaya bin Mehetabeel untuk berbohong kepada Nehemia. Semaya menyuruh Nehemia bersembunyi di dalam Bait Suci dengan alasan berlindung dari ancaman pembunuhan. Padahal sesungguhnya Nehemia tahu bahwa bila seseorang berdosa masuk ke dalam Bait Suci akan mati. Semaya gagal mengelabuhi Nehemia karena ternyata Nehemia telah mengetahui kebenaran.


Setelah diselidiki oleh Nehemia ternyata Tobia dan Sanbalat yang menyuap dan menyuruh Semaya untuk berbohong kepada Nehemia. Perbuatan Tobia dan Sanbalat sesuai dengan peribahasa "lempar batu sembunyi tangan". Artinya yaitu orang yang berbuat sesuatu yang tidak baik pada orang lain tapi terkesan berpura-pura tidak tahu. Atau menggunakan orang lain untuk mewujudkan niat jahatnya.


Dunia yang kita hidupi ada banyak orang-orang jahat. Sebagian orang berbuat jahat kepada orang lain dengan cara "lempar batu sembunyi tangan". Tujuannya agar kejahatannya tidak diketahui orang lain. Sebab itu marilah kita terus belajar kebenaran dan memohon hikmat Tuhan agar tidak mudah dibohongi, ditipu atau dikelabuhi oleh orang lain. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages